Lokasi Strategis Ibukota Baru Indonesia

Ibukota baru Indonesia, yang belum memiliki nama, akan berpindah dari Jakarta di Pulau Jawa ke provinsi Kalimantan Timur. Dikatakan bahwa lokasinya akan dekat dengan Kota Samarinda serta kota pelabuhan Balikpapan. Menurut Jokowi, Kalimantan Timur merupakan lokasi yang strategis di mana berada di pusat Indonesia, sehingga mudah terjangkau dengan daerah-daerah di Indonesia dari ujung barat dan ujung timur. 

Pro Kontra Pemindahan Ibukota Indonesia Ke Kalimantan yang Resmi Diumumkan Jokowi
source: https://www.thejakartapost.com/


Biaya Pemindahan Ibukota 

Jokowi, dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Istana, mengatakan bahwa pemindahan ibukota akan menelan biaya 466 triliun rupiah ($ 32,79 miliar). Ia juga memaparkan bahwa biaya tersebut berasal dari negara yang akan mendanai 19%. Sedangkan sisanya akan berasal dari kemitraan publik-swasta dan investasi swasta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pembangunan kantor pemerintahan baru dan rumah untuk sekitar 1,5 juta pegawai negeri.

Pro Kontra Pemindahan Ibukota Indonesia Ke Kalimantan yang Resmi Diumumkan Jokowi
source: https://news.yahoo.com/
baca juga


Pertimbangan Risiko Pencemaran Lingkungan

Seperti yang kita tahu, pulau Kalimantan merupakan wilayah yang terkenal dengan hutan hujan, tambang batu bara, dan rumah alami bagi orangutan dan beragam hewan terlindungi lainnya. Itulah sebabnya, kelompok-kelompok pecinta lingkungan mengungkapkan kekhawatiran bahwa membangun kota baru di tengah petak-petak hutan di Kalimantan dapat merusak habitat satwa liar yang saat ini sudah terancam punah. Faktanya, hutan di Kalimantan adalah rumah bagi banyak spesies yang terancam punah, termasuk orangutan, beruang madu dan monyet berhidung panjang.

Pro Kontra Pemindahan Ibukota Indonesia Ke Kalimantan yang Resmi Diumumkan Jokowi
source: https://vrzone.com/

Meskipun begitu, Jakarta juga dikatakan benar-benar dalam kondisi yang sangat darurat di mana kota ini sudah tidak lagi mampu menampung segala aktivitas pemerintahan, bisnis, dan industri yang memusat. Sebagai salah satu kota terpadat di dunia, Jakarta memikul tugas yang sangat besar jika tetap menjadi ibukota. Kota ini juga rawan banjir dan mulai tenggelam akibat amblesan tanah karena penggunaan air tanah yang diluar kapasitas.

Pro Kontra Pemindahan Ibukota Indonesia Ke Kalimantan yang Resmi Diumumkan Jokowi
source: https://coconuts.co/

Tentunya pemindahan ibukota akan dilakukan dengan perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan lingkungan. Presiden Jokowi juga menekankan bahwa pemindahan ibukota ini adalah hal yang mendesak demi mengurangi beban Jakarta dan pulau Jawa yang sudah terlalu berat. Diharapkan, pemindahan ibukota ini juga bisa menjadi langkah besar untuk kemajuan ekonomi dan pembangunan negara kedepannya.