Relaksasi

Ekstrak kencur dari daun atau rimpangnya dapat memberikan efek menenangkan, dan aromanya juga bisa dijadikan sebagai campuran aromaterapi. Karena itu kencur dipercaya dapat mengurangi stres. Tidak hanya itu, kencur juga dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan gejala gelisah, cemas, hingga depresi.

Relaksasi
source: https://www.fimela.com/

Mengatasi Diare

Manfaat kencur untuk kesehatan yang kedua adalah untuk mengatasi diare. Kencur mengandung zat antibakteri dan sitotoksik yang dapat meredekan diare. Tidak hanya mengatasi diare, kencur juga ampuh mengatasi gejala sakit perut lainnya. Jika si kecil mengalami diare, sebaiknya Moms memilih kencur untuk mengobatinya. Karena termasuk bahan alami, jadi aman untuk si kecil.

Mengatasi Diare
source: https://feed.merdeka.com/
baca juga

Menambah Napsu Makan

Bukan rahasia umum lagi kalau kencur bermanfaat untuk menambah napsu makan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Moms atau si kecil bisa mengonsumsinya dalam bentuk beras kencur. Jamu ini merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa. Rasanya enak, jadi si kecil pun tidak akan merasakan pahit. Selain menambah napsu makan, kencur juga dipercaya mampu menambah stamina tubuh pada orang dewasa.

Menambah Napsu Makan
source: https://www.go-dok.com/

Anti Nyeri

Kencur juga bisa lho dimanfaatkan untuk anti nyeri. Biasanya kencur digunakan untuk mengatasi  sakit gigi, nyeri sendi, nyeri dada, nyeri perut, hingga sakit kepala. Untuk kasus seperti nyeri sendi, ekstrak kencur biasanya digunakan dalam bentuk minyak esensial yang bisa dijadikan minyak gosok. Namun untuk mengatasi rasa nyeri lain seperti sakit kepala atau sakit gigi, Moms bisa mengonsumsi kencur secara langsung.

Anti Nyeri
source: http://pedomanbengkulu.com/
baca juga

Anti Radang dan Obat Batuk

Manfaat kencur untuk kesehatan yang terakhir adalah sebagai anti radang dan obat batuk. Kencur memiliki sifat antiinflamasi yang cocok dijadikan obat untuk berbagai penyakit akibat radang seperti pembengkakan, demam, dan juga rematik. Selain itu, kencur juga baik untuk meredakan batuk. Moms bisa mencampurkan kencur dan garam untuk mengobati batuk berdahak. Sederhana, alami, dan pasti aman.

Anti Radang dan Obat Batuk
source: https://hellosehat.com/

Nah Moms, itu tadi 5 manfaat kencur untuk kesehatan. Ternyata alam sudah menyediakan berbagai bahan alami untuk mengobati penyakit ya, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.