Jika anak bermain handphone dengan waktu lama, tanpa batas dan dilakukan secara rutin, syaraf anak yang masih berkembang bisa membuat anak menjadi rentan terkena radiasi dari gadget tersebut. Bahkan penggunaan gadget di dekat kepala anak dikhawatirkan dapat menghancurkan sel otaknya. Sehingga Moms juga diharuskan membatasi dan menjaga jarak dari penggunaan handphone dekat anak.Handphone memancarkan frekuensi radio dan gelombang radio (Radio Frecuency - RF). Sehingga, pancaran tersebut sangat mungkin menimbulkan gangguan kesehatan pada anak. Sebab energi dari gelombang RF di otak anak-anak bisa berdampak lebih besar dibandingkan orang dewasa. 

Lalu apa saja bahaya lainnya dari radiasi penggunaan handphone pada anak? Yuk Moms, kita simak penjelasan lengkap berikut ini:

Waspada Kebiasaan Anak Bermain Gadget, Ini Bahaya Radiasi Untuk Kesehatan

1. Mengalami Gangguan Pengelihatan

Seringnya memandang layar handphone terlebih dengan jarak dekat dapat menyebabkan gangguan penglihatan pada anak. Radiasi cahaya yang terlalu terang dan penggunaan gadget yang terlalu dekat, akan berdampak buruk pada kesehatan mata anak sehingga akan menggangu penglihatan anak Moms jika terus dibiarkan menggunakan gadget.

2. Mempengaruhi Perkembangan Otak
 
Perkembangan otak anak sejak dini dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan. Kadar pemakaian berlebih dari gadget terlebih handphone yang sering digunakan anak dapat menyebabkan keterlambatan kognitif pada otak anak yang sedang berkembang. Tak hanya itu, gadget ini juga dapat menyebabkan keterlambatan koginitif, gangguan dalam proses belajar, tantrum (ledakan emosi), meningkatkan sifat impulsif, serta mengakibatkan menurunnya kemampuan anak untuk mandiri.

3. Penyakit Tumor Otak

Membiarkan penggunaan handphone berlama-lama pada anak dapat membahayakan kesahatannya. Hal ini karena radiasi elektromagnetik yang dihasilkan dari handphone dapat merusak DNA dan mengakibatkan tumor otak. Otak anak yang masih berkembang sangat memungkinkan terkena radiasi apabila dibiarkan menggunakan gadget terlalu sering sehingga akan berpengaruh mengakibatkan penyakit seperti tumor otak yang mungkin dapat terjadi dalam jangka waktu lama.

4. Penyakit Obesitas

Alat elektronik yang digunakan atau dipasang di kamar anak lalu diakses secara pribadi dapat meningkatkan risiko obesitas sebanyak 30%. Penggunaan gadget seperti handphone menjadi salah satu faktor penyebab obesitas yang sering terjadi. Hal ini disebabkan karena anak dapat menghabiskan waktu berjam-jam di depan handphone dan membuatnya menjadi tak bersemangat makan, bermain berlarian atau melakukan aktivitas lainnya oleh karena itu kalori yang ada pada tubuh anak tidak terbakar dan mengendap menjadi lemak.