Penyebab Penyakit Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Sebenarnya Moms, sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab penyakit IBS. Namun beberapa hal berikut ini dapat memicu munculnya penyakit IBS. Apa saja?

  • Makanan dengan kandungan gluten, makanan yang mengandung gluten antara lain seperti sereal, pasta, dan produk-produk makanan olahan. Gluten adalah protein yang terdapat di dalam gandum dan gandum hitam. Biasanya, ketika penderita IBS menghindari makanan yang mengandung gluten, maka IBS akan lebih jarang kambuh.
  • Minuman Tertentu, Tahukah, Moms? Ada beberapa jenis minuman yang dapat memengaruhi kinerja usus. Minuman yang sering memicu IBS kambuh adalah minuman yang mengandung kafein, alkohol, atau soda. Jadi sebaiknya dihindari ya, Moms.
  • Karbohidrat yang sulit dicerna, Makanan dengan kandungan karbohidrat yang sulit dicerna antara lain seperti apel, ceri, mangga, pir, semangka, asparagus, kubis, kol, kacang, bawang, jamur, serta susu dan produk olahannya, seperti keju, yogurt, atau es krim. Jadi Moms harus benar-benar memilah makanan, ya.
Penyebab Penyakit Irritable Bowel Syndrome (IBS)
source: https://hellosehat.com/
  • Minuman tertentu, Moms ada minuman tertentu yang dapat memicu kambuhnya IBS, seperti minuman yang mengandung kafein, alkohol, atau soda.
  • Masalah Psikologis, Dalam keadaan stres, IBS akan mudah untuk kambuh. Rasa cemas berlebihan akan memperburuk kondisi penderita IBS.
  • Perubahan Hormon, Moms gejala IBS akan lebih sering muncul pada wanita, terutama menjelang atau selama menstruasi.

Gejala Irritable Bowel Syndrome

Gejala IBS yang paling banyak terjadi adalah akit perut, kembung, dan sembelit/diare. Selain itu, feses pada penderita IBS tampak terlihat berlendir. Gejala ini datang dan pergi selama beberapa hari, minggu, atau bulan. Tapi tidak semua orang ya Moms yang memiliki gejala gangguan pencernaan mengalami IBS. Sebaiknya Moms berkonsultasi langsung dengan dokter.

Gejala Irritable Bowel Syndrome
source: https://www.klikdokter.com/
baca juga

Cara Mengatasi Irritable Bowel Syndrome

Untuk mencegah munculnya IBS, Moms bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini.

  • Menghindari makanan yang menjadi pemicu, menghindari makanan yang dapat memicu munculnya IBS pasti akan membantu mengatasinya, Moms. Karena makanan pemicu IBS setiap orang berbeda, ada baiknya Moms mencari tahu lebih dalam.
  • Mengonsumsi makanan berserat, untuk mengatasi IBS sebaiknya Moms mengonsumsi makanan berserat seperti oat. Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsi serat, karena hal ini akan memperparah rasa mulas dan kembung.
  • Makan secara teratur, untuk mengatasi IBS sebaiknya Moms makan teratur. Jangan sampai lewat jam makan ya, Moms.
  • Berolahraga rutin, Olahraga dapat membantu mengurangi stres dan merangsang pergerakan usus. Jadi jika Moms rutin berolahraga, maka IBS akan jarang kambuh.
  • Menghindari Stres, ini penting ya, Moms. Menghindari stres nggak cuma bisa mengatasi IBS. Tapi juga akan membuat hidup Moms lebih sehat.
Cara Mengatasi Irritable Bowel Syndrome
source: https://www.ekrut.com/

Nah Moms, itu tadi penyebab, gejala, dan cara mengatasi penyakit IBS yang Moms wajib tahu. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.