1. Perbanyak Bersyukur, Berhenti Membandingkan

Tips Menjadi Ibu Bahagia, Coba 5 Langkah Ini, Moms
source: https://www.huffingtonpost.com/

Langkah paling mendasar yang harus dilakukan untuk mencapai kebahagiaan adalah menjadi seorang yang bersyukur dan tidak membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Sebagian besar orang cenderung selalu merasa kurang karena terlalu fokus pada apa yang dimiliki orang lain dan tidak ia miliki tanpa melihat hal-hal yang sebaliknya. Bersyukurlah atas apa-apa yang kamu miliki dan jangan bandingkan dengan orang lain.


2. Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan

Tips Menjadi Ibu Bahagia, Coba 5 Langkah Ini, Moms
source: https://www.beliefnet.com/

Sadarilah bahwa ibu tidaklah harus sempurna. Sama seperti manusia lain, ibu juga memiliki kelemahan dan waktu-waktu sulit di mana mereka membutuhkan bantuan. Jadi, jangan terlalu banyak berpikir tentang kesempurnaan seorang ibu. Jadilah tim dengan anggota keluarga lain, khususnya suami. Bagilah tugas dengan baik dan mintalah bantuan saat kesulitan.

baca juga


3. Lakukan Hobi dan Jadwalkan Me Time

Tips Menjadi Ibu Bahagia, Coba 5 Langkah Ini, Moms
source: http://motherandbaby.hellomagazine.com/

Memiliki hobi dan jadwal me time adalah hal yang penting dan tidak boleh disepelekan oleh para ibu. Banyaknya aktivitas dan kegiatan di rumah seringkali membuat para ibu kehilangan kewarasan karena kurangnya aktivitas yang me-refresh ulang pikiran dan mood. Jadi, pastikan Mommy selalu memiliki hobi dan jalankan me time dengan rutin. Jangan lupa untuk mendiskusikan ini dengan pasanganmu untuk membagi tugas.


4. Jaga Hubungan Harmonis dengan Suami

Tips Menjadi Ibu Bahagia, Coba 5 Langkah Ini, Moms
source: https://www.alethiacounseling.com/

Seperti yang sudah disampaikan dalam poin-poin sebelumnya, ibu merupakan bagian dari tim yang harus bekerja sama dan saling membantu. Dalam hal ini, ayah atau suami berperan penting dalam menjaga keseimbangan tugas dan kewajiban di rumah. Untuk bisa lebih kompak menjalani hal ini, pastikan Mommy dan suami benar-benar memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dan harmonis.

baca juga


5. Habiskan Waktu Berkualitas dengan Anak dan Suami

Tips Menjadi Ibu Bahagia, Coba 5 Langkah Ini, Moms
source: https://hips.hearstapps.com/

Terakhir, tidak ada artinya jika semua pekerjaan rumah beres jika Mommy tidak bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang tersayang. Dibandingkan dengan marah-marah karena anak yang selalu memberantaki rumah dengan mainannya, cobalah ikut bermain dan mengajaknya merapikan mainan bersama setelah bermain. Mommy juga bisa mengajak anak-anak dan suami untuk menonton film bersama untuk bisa menikmati waktu ideal keluarga yang berkualitas.