1. Siapkan Anggaran Sesuai dengan Kemampuan

Trik Liburan Hemat Bareng Keluarga, Perhatikan 5 Tips Ini!
source: https://www.psychologies.co.uk/

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan anggaran biaya yang sesuai dengan kemampuan. Tentu biaya ini sudah harus diluar dari pengeluaran bulanan wajib, biaya sekolah anak, dan anggaran darurat rumah tangga. Dengan kata lain, Mommy dan pasangan memang harus menabung dan menyiapkan biaya khusus untuk liburan tiap tahunnya.


2. Jangan Berhutang untuk Liburan

Trik Liburan Hemat Bareng Keluarga, Perhatikan 5 Tips Ini!
source: https://www.chill.ie/

Anggaran liburan haruslah benar-benar sesuai dengan kemampuanmu. Jangan sampai hanya untuk mengisi postingan liburan di media sosial kamu sampai rela berhutang. Berhutang untuk liburan adalah salah satu tanda bahwa kamu memiliki pengaturan keuangan yang buruk. Hutang yang menumpuk setelah liburan juga akan memperburuk kondisi pasca refreshing. Dengan kata lain liburanmu akan sia-sia.

baca juga


3. Cari Promo Tiket Pesawat dan Hotel

Trik Liburan Hemat Bareng Keluarga, Perhatikan 5 Tips Ini!
source: https://www.cheapflights.com/

Selanjutnya, merencanakan liburan murah memang tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Mommy perlu benar-benar melakukan riset untuk mencari destinasi wisata terbaik dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kemampuan. Jangan lupa untuk mencari tiket pesawat dan hotel yang sedang promo. Ini akan sangat membantu memangkas anggaran liburanmu. Tidak masalah jika harus liburan di luar musim libur.


4. Kurangi Budget Belanja Oleh-Oleh

Trik Liburan Hemat Bareng Keluarga, Perhatikan 5 Tips Ini!
source: https://moneyinc.com/

Tradisi masyarakat kita setelah pergi berlibur adalah membeli oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga dan tetangga. Sayangnya, tanpa disadari hal ini ternyata memakan anggaran yang tidak sedikit. Apalagi jika oleh-oleh yang dibelikan haruslah barang-barang tertentu yang harganya tidak mudah. Untuk itu, cobalah untuk menghilangkan anggaran oleh-oleh atau setidaknya siapkan oleh-oleh yang murah dan praktis untuk bisa dibagikan ke semua orang.

baca juga


5. Atur Penggunaan Kartu Kredit

Trik Liburan Hemat Bareng Keluarga, Perhatikan 5 Tips Ini!
source: https://clark.com/

Penggunaan kartu kredit sebenarnya memang sangat membantu saat seseorang saat berjalan-jalan. Namun, perhatikan betul penggunaannya agar tidak kelewatan dan membebani diri di masa depan. Pastikan Mommy menerapkan aturan, apa saja yang boleh dibayar menggunakan kartu kredit. Hal ini penting untuk bisa tetap memantau pengeluaran dengan baik.