Ibu hamil cenderung lebih mudah terserang bakteri dan virus, hal tersebut bukan karena sistem imun ibu hamil yang menurun, melainkan karena perubahan hormon dan fungsi sistem kekebalan tubuh yang terjadi.  

Imun Booster Untuk Ibu Hamil

Untuk melindungi ibu dan bayi dari penyakit, sistem imun pada beberapa bagian tubuh ibu hamil akan meningkat, sedangkan pada beberapa bagian lainnya lagi mengalami penurunan. Saat hamil sistem imun juga harus bekerja lebih keras, karena harus melindungi dua tubuh. Akibatnya ibu hamil jadi lebih berisiko untuk terserang penyakit. Untuk menghindari penyakit yang bisa saja datang, ibu hamil memerlukan imun booster. Imun booster berguna untuk menguatkan sistem imun ibu selama masa kehamilan. Beberapa minuman ini bisa dijadikan imun booster untuk ibu hamil.

Imun Booster Untuk Ibu Hamil
baca juga

Wedang Jahe

Selain ampuh dijadikan imun booster, wedang jahe atau air jahe juga bisa mengurangi beberapa keluhan ibu hamil seperti morning sickness dan heartburn atau asam lambung berlebih. Jahe kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, potasium, sodium, dan folat. Beragam kandungan jahe tersebut jika diminum oleh ibu hamil tentu tak hanya mampu meningkatkan sistem imun, tapi juga memiliki manfaat lain seperti melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, mengurangi nyeri selama kehamilan, serta membuat penyerapan gizi jadi lebih baik.

Wedang Jahe

Jus Jeruk

Kaya akan vitamin C dan folat, jus jeruk adalah minuman selanjutnya yang bisa ibu hamil gunakan sebagai imun booster. Vitamin C sudah sejak dulu dikenal fungsinya untuk menjaga daya tahan tubuh, sedangkan folat dan asam folat memiliki fungsi untuk mencegah cacat lahir di awal kehamilan. Selain itu, dalam segelas jus jeruk juga terdapat kandungan potasium yang bermanfaat untuk menjaga fungsi otot, metabolisme, dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Jus Jeruk
baca juga

Infused Water

Bagi ibu hamil yang kurang menyukai buah dan sayur, bisa mengandalkan infused water sebagai alternatif untuk mendapatkan nutrisi dan vitamin dari buah dan sayur. Dengan banyak meminum infused water, selain sistem kekebalan tubuh ibu hamil terjaga karena asupan air dan nutrisinya terpenuhi, ibu hamil juga akan merasakan manfaat lain seperti mual-mual berkurang dan pencernaan menjadi lebih lancar.

Infused Water

Air Kelapa

Untuk ibu hamil yang sering muntah di masa kehamilannya, maka meminum air kelapa adalah penyelamat. Air kelapa adalah sumber elektrolit dan antioksidan, elektrolit akan mencukupi kebutuhan cairan ibu hamil yang dikeluarkan ketika muntah atau morning sickness. Sedangkan antioksidan akan membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas sehingga ibu hamil pun bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit dari luar. Selain itu mengonsumsi air kelapa selama kehamilan juga bisa mengurangi kelelahan, mencegah infeksi saluran kencing, dan melancarkan sirkulasi darah.

Air Kelapa

Yogurt

Selain menyegarkan, yogurt yang kaya akan probiotik mampu melawan bakteri dan virus selama masa kehamilan, ibu hamil pun tidak akan mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya terjaga. Probiotik alama dalam yogurt juga bermanfaat untuk membantu perkembangan syaraf bayi. Selain itu di dalam yogurt juga terkandung protein, vitamin D, dan kalsium yang akan menjaga kekuatan tulang ibu hamil serta membantu janin tumbuh lebih optimal. 

Yogurt