1. Nikmati Hubungan Satu Sama Lain

Inti dari sebuah keluarga yang bahagia adalah hubungan yang erat dan kuat satu sama lain. Setiap anggota keluarga, khususnya suami dan istri harus benar-benar memahami dan menerima satu sama lain. Bagaimana pun pasanganmu, cobalah untuk menerimanya termasuk juga sifat-sifat buruknya. Selama itu bukanlah hal yang menyakiti fisik dan mental, tidak ada salahnya untuk menikmati tiap kebodohan dan kecerobohan pasangan. Saat tiap anggota keluarga sudah bisa menerima karakter dan sifat satu sama lain, tidak ada lagi alasan untuk konflik kecil menjadi persoalan sulit.

Meskipun Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Keluarga Lebih Harmonis dan Bahagia
source: https://www.hotel-aroma.com/


2. Bicaralah Lembut dan Baik Satu Sama Lain 

Hal ini memang terdengar sangat sederhana, tetapi sering kali saat berada di bawah tekanan atau stres kita sering menggunakan nada tinggi dan kata kasar yang memicu kemarahan pada orang lain. Jika Mommy menggunakan nada atau bahasa yang tidak disengaja yang terdengar menyakitkan, mintalah maaf. Biarkan orang lain tahu bahwa nada atau bahasa yang Mommy gunakan tidak dimaksudkan untuk menjadi kasar. Jangan ragu untuk meminta maaf.

Meskipun Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Keluarga Lebih Harmonis dan Bahagia
source: https://www.ahaparenting.com/
baca juga


3. Prioritaskan Pasangan

Kebanyakan keluarga menempatkan prioritas utama mereka pada anak-anak. Banyak yang menjadikan anak mereka sebagai pelarian, tumpuan harapan baru, atau bahkan investasi masa depan di masa tua. Sayangnya, itu merupakan keputusan yang salah. Sebagai orangtua, Mommy harus mengutamakan hubungan dengan suami untuk menghadirkan rumah yang harmonis dan bahagia untuk anak-anak. Lagi pula anak-anak pada akhirnya juga akan menikah dan membangun keluarganya sendiri bersama pasangannya kelak. 

Meskipun Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Keluarga Lebih Harmonis dan Bahagia
source: https://www.freepik.com/


4. Saling Menghargai Antar Anggota Keluarga

Memberikan apresiasi dalam bentuk verbal merupakan salah satu cara untuk bisa menunjukkan penghargaan atas jasa dan kebaikan yang dilakukan seseorang. Ini harus menjadi hal yang rutin Mommy lakukan pada pasangan dan anak-anak. Buatlah masing-masing orang merasa penting dan berharga untuk satu sama lain, meskipun untuk hal kecil dan sederhana sekali pun. Hargai juga keunikan masing-masing anggota keluarga. Ini akan membangun relasi yang lebih sehat dan membangun satu sama lain.

Meskipun Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Keluarga Lebih Harmonis dan Bahagia
source: https://freedesignfile.com/
baca juga


5. Miliki Family Time

Memiliki family time yang memang secara khusus disiapkan untuk mendekatkan tiap anggota keluarga adalah cara penting untuk bisa membangun bonding yang lebih kuat. Jika memang sempat, pergi piknik atau menonton bioskop bersama bisa menjadi pilihan. Namun, tidak masalah jika Mommy dan keluarga lebih senang menghabiskan waktu di rumah dengan memasak bersama. Yang terpenting, pastikan semua anggota keluarga hadir dalam family time. Mommy juga dapat rutin mengantar si kecil tidur dengan membacakan cerita dilanjutkan dengan berbincang dengan suami sebelum tidur. 

Meskipun Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Keluarga Lebih Harmonis dan Bahagia
source: https://www.giostar.com/


Hal-hal tersebut memang sangat sederhana. Tetapi percayalah, dengan melakukan lima hal tersebut, Mommy akan membangun keluarga yang lebih harmonis dan bahagia di mana komunikasi berjalan lebih lancar.