Pentingnya PAUD

Anak-anak berada dalam usia emas di mana mereka mampu belajar dengan lebih cepat, memahami konsep dengan lebih mudah, dan mengingat dengan lebih kuat. Itulah sebabnya banyak orang menganggap bahwa belajar di usia ini akan sangat berpengaruh pada kemampuan akademis dan kognitifnya di masa depan. 

Perlukah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sebelum Masuk TK?
source: https://www.americanprogress.org/

Semakin populernya program pendidikan anak usia dini belakangan ini menjadi bahan diskusi tersendiri di kalangan orangtua dan ahli tumbuh kembang anak. Apakah sebenarnya Playgroup dan PAUD itu penting? Pasalnya, semua hal yang dilakukan anak di sekolah dapat dilakukan juga di rumah. Apalagi mengingat biaya yang tidak murah untuk mendaftarkan anak di sekolah sejak dini. Nah, berikut ini adalah ulasan tentang manfaat PAUD untuk anak-anak yang bisa Mommy gunakan sebagai pertimbangan.


1. Pengembangan Sosial dan Emosional

Perlukah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sebelum Masuk TK?
source: https://www.theconversation.com/

Di Playgroup, anak-anak akan belajar memperkuat perkembangan sosial dan emosional mereka. Anak-anak juga akan cbelajar bagaimana cara untuk berkompromi, betapa pentingnya menghargai dan teknik memecahkan masalah. Playgroup juga menyediakan lingkungan bagi anak-anak untuk mengeksplorasi lingkungan, membangun relasi dengan teman sebaya dan meningkatkan kepercayaan diri. Di sana anak-anak belajar bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas dan mengambil keputusan tanpa bantuan orang tua mereka.

baca juga


2. Membangun Kesiapan Sekolah

Perlukah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sebelum Masuk TK?
source: https://www.ivyprep.org/

Manajemen perilaku adalah bagian utama dari pembelajaran di Playgroup. Di sana, anak-anak akan belajar bagaimana menjadi seorang murid dan berinteraksi dengan peran lain seperti guru dan teman. Anak-anak akan mulai terlatih untuk lebih bersabar saat mengantri dan menunjukkan etika saat belajar dengan mengangkat tangan. Dengan rutin menjalani kegiatan di PAUD, anak-anak juga belajar tentang rutinitas, mengikuti arahan, hingga menunggu giliran saat ingin bermain. 


3. Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Keterampilan Kognitif

Perlukah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sebelum Masuk TK?
source: https://www.essentialeducation.my/

Keterampilan bahasa anak-anak dapat ditingkatkan jika ia ditempatkan dalam lingkungan yang "kaya bahasa". Dalam suasana kelas, guru akan membantu anak-anak memperkuat keterampilan bahasa mereka dengan memperkenalkan kosa kata baru selama pelajaran menggambar, waktu camilan, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Para guru juga akan melibatkan para siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang merangsang pemikiran untuk memberi anak-anak banyak kesempatan untuk belajar menggunakan bahasa. Pelajaran bahasa ini juga dapat dilakukan melalui kegiatan menyenangkan seperti menyanyi, berbicara tentang buku-buku dan permainan kreatif lainnya.

baca juga


4. Mengoptimalkan Kemampuan Akademik

Di tahapan PAUD, anak-anak akan melalui masa belajar mengenal angka dan huruf. Namun, jangan khawatir karena semua itu akan diajarkan dengan cara yang menarik bagi anak-anak di usia yang masih sangat dini. Anak-anak akan menyanyikan lagu alfabet sambil melihat tulisan di papan tulis atau buku bergambar. Para guru juga membacakan cerita kepada anak-anak untuk mendorong keterampilan mendengarkan, pemahaman, dan ekspresi mereka. 

Perlukah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sebelum Masuk TK?
source: https://blog.himama.com/

Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan dengan menyekolahkan anak di PAUD. Namun, apa pun keputusanmu untuk sekolah anak, pastikan Mommy tetap memberikan fasilitas terbaik untuk tumbuh kembangnya. Pasalnya, di rumah pun semua kegiatan itu dapat dilakukan dengan baik asalkan Mommy memang mempersiapkan dengan baik.