Usia 0-4 Bulan

  • Saat baru lahir, penglihatan bayi dipenuhi dengan segala macam stimulasi visual. Mereka mungkin tampak dapat melihat dengan seksama objek yang sangat kontras. Tetapi mereka belum mengembangkan kemampuan untuk dengan mudah membedakan antara dua target atau menggerakkan mata mereka untuk melihat dua objek berbeda. Fokus utama mereka adalah pada objek dengan jarak 20-25 cm dari wajah mereka atau jarak ke wajah orang tua.
  • Dalam bulan-bulan pertama kehidupan, mata akan mulai bekerja bersama dan kemampuan melihat akan meningkat dengan cepat. Koordinasi mata-tangan mulai berkembang saat bayi mulai memperhatikan objek bergerak dengan matanya dan meraihnya. Pada usia delapan minggu, bayi akan mulai lebih mudah memfokuskan mata mereka pada wajah orang tua atau orang lain di dekat mereka.
  • Selama dua bulan pertama kehidupan, mata bayi tidak terkoordinasi dengan baik dan mungkin tampak berkeliaran atau disilangkan. Ini adalah hal yang normal. Namun, jika mata tampak berbalik atau keluar terus-menerus, segera lakukan pemeriksaan.
  • Bayi harus mulai mengikuti objek bergerak dengan mata mereka dan berusaha meraihnya pada usia sekitar tiga bulan.
Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi Sejak Awal Kelahiran Hingga Usia 2 Tahun
source: https://www.aoa.org/


Usia 5-8 Bulan

  • Selama bulan-bulan ini, kemampuan bayi untuk mengontrol gerakan mata dan keterampilan koordinasi mata dan tubuh terus meningkat.
  • Persepsi kedalaman, yang merupakan kemampuan untuk menilai apakah objek lebih dekat atau lebih jauh dari objek lain, belum ada saat lahir. Namun, memasuki usia 5 bulan, mata bayi akan mampu bekerja bersama untuk membentuk pandangan dunia tiga dimensi dan mulai melihat secara mendalam.
  • Meskipun penglihatan warna bayi tidak sepeka orang dewasa, dipercaya bahwa bayi memiliki penglihatan warna yang baik pada usia lima bulan.
  • Sebagian besar bayi mulai merangkak pada usia sekitar 8 bulan. Ini akan membantu mengembangkan koordinasi mata-tangan-kaki-tubuh yang dimilikinya. 
Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi Sejak Awal Kelahiran Hingga Usia 2 Tahun
source: https://www.smartparents.sg/
baca juga


Usia 9-12 Bulan

  • Pada usia sekitar 9 bulan, bayi akan mulai menarik diri ke posisi berdiri. Pada usia 10 bulan, bayi juga akan mulai bisa memegang benda dengan ibu jari dan telunjuk. Ini menunjukkan koordinasi penglihatan dan gerak tubuhnya semakin baik.
  • Pada usia dua belas bulan, kebanyakan bayi akan merangkak dan mencoba berjalan. Orang tua harus mendorong merangkak daripada berjalan lebih awal untuk membantu anak mengembangkan koordinasi mata-tangan yang lebih baik.
  • Di usiai ni bayi akan dapat memperkirakan jarak dengan cukup baik. Kemampuan penglihatannya mampu membuatnya melempar benda dengan presisi.
Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi Sejak Awal Kelahiran Hingga Usia 2 Tahun
source: https://www.kinderling.com.au/


Usia 1-2 Tahun

  • Pada usia dua tahun, koordinasi mata-tangan dan persepsi kedalaman anak sudah berkembang dengan baik.
  • Anak-anak usia ini sangat tertarik untuk menjelajahi lingkungan mereka dengan melihat lebih dalam dan mendengarkan lebih baik. Mereka akan mampu mengenali benda-benda dan gambar-gambar yang sudah dikenal dalam buku-buku dan dapat menulis dengan krayon atau pensil.
Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi Sejak Awal Kelahiran Hingga Usia 2 Tahun
source: http://activebabiessmartkids.com.au/


Itulah beberapa tahapan perkembangan penglihatan anak pada 2 tahun pertamanya. Pastikan Mommy selalu memfasilitasi anak dengan beragam mainan berwarna cerah yang bisa memicu perkembangan visual anak. Buku atau boneka berwana akan sangat baik untuk memberikan pelatihan pada perkembangan penglihatan anak.