Ketahui Perkembangan Sosial Anak Balita & Cara Melatih Interaksinya

Perkembangan Sosial Anak 1 Tahun

Heather Wittenberg, Ph.D., seorang psikolog spesialisasi dalam perkembangan anak menyatakan bila perkembangan sosial anak saat anak berusia 1 tahun atau saat mulai berjalan. Pada usia ini siapkan anak untuk mengelola perasaan pribadi, memahami perasaan dan kebutuhan orang lain.

Perkembangan sosial anak 1 tahun sebagian besar dapat dilihat dengan reaksi anak saat menunjuk dan bersuara untuk mengekspresikan keinginannya. Penting juga mom mengajak anak berinteraksi dengan menunjukkan hal-hal baru yang ada di sekitarnya.

Kenalkan anak pada orang terdekat seperti nenek dan kakek, pengasuh anak, dan orang-orang yang sudah dikenalnya. Contohhkan interaksi mulai dengan menyapa dengan senyuman. Pada usia ini anak biasanya juga memiliki kemauan dan kemampuan untuk terlibat dengan orang lain, seperti saat meminjamkan mainan.

Ketahui Perkembangan Sosial Anak Balita & Cara Melatih Interaksinya

Perkembangan Sosial Anak 2 Tahun

Perkembangan Sosial Anak 2 Tahun lebih luas dibanding saat buah hati berusia 1 tahun. Pada usia ini, anak akan lebih banyak terlibat dengan orang-orang di sekitarnya, walau faktanya anak masih lebih suka bermain dengan Ibu dan Ayah.

Mulailah ajarkan bersosialisasi dengan dengan anak-anak lain. Pada tahap ini, jangan paksa anak membagi mainannya tapi berikan waktu agar si kecil bermain di samping anak seusianya. Perilaku sosial anak usia 2 tahun mencerminkan pemikiran egosentris, dimana perilaku anak-anak dibimbing oleh keinginan, adakalanya si kecil akan berebut mainan dengan sebayanya dan hal itu adalah wajar.

Pada masa ini pula, anak sedang belajar untuk menikmati kebersamaan dengan orang lain, seperti dengan nenek, kakek atau tetangga sekitar. Dr. Wittenberg, psikolog anak menjelaskan untuk memberi anakmu waktu untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru agar terbiasa.

baca juga
Ketahui Perkembangan Sosial Anak Balita & Cara Melatih Interaksinya

Perkembangan Sosial Anak 3-5 Tahun

Pada usia 3-5 tahun banyak orang tua yang sudah memasukan anaknya ke PAUD, untuk mengenalkan lingkungan sekolah. Dan di sekolah inilah anak akan mulai memiliki banyak teman sebaya untuk bersosialisasi dan kesempatan untuk menjalin pertemanan.

Pada perkembangan sosial anak 3 tahun buah hati akan mulai mencari anak-anak lain. Maka dari itu penting untuk memberi si kecil banyak peluang untuk bersama teman sebaya. Namun jangan lupa memahamkan anak tentang beberapa aturan perilaku dan keselamatan, berikan pengingat lembut tentang berbagi dan bergiliran saat berada di sekolah.

Nah, itulah tadi beberapa perkembangan sosial pada anak balita. Walau terlihat mudah tapi dalam mendampingi perkembangan si kecil memang harus sabar ya moms. Semoga bermanfaat dan selamat berinteraksi dengan keluarga.