Mengurangi Mual

Pada trimester pertama, biasanya keluhan ibu hamil adalah mual. Nah, mual dapat dikurangi dengan mengonsumsi semangka secara teratur. Moms bisa minum segelas jus semangka segar atau memakan beberapa potong semangka segar. 

Mengurangi Mual
source: https://tirto.id/

Mengurangi Pembekakan

Terjadi pembekakan pada kaki atau tangan memang merupakan hal yang wajar terjadi ketika sedang hamil. Nah, untuk meringankan hal tersebut, Moms bisa mengonsumsi buah semangka. Karena kandungan air dalam buah semangka, maka penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah dan otot yang menyebabkan edema akan berkurang.

Mengurangi Pembekakan
source: https://www.liputan6.com/
baca juga

Meredakan Heartburn

Heartburn adalah kondisi di mana beberapa isi perut dipaksa kembali ke kerongkongan yang kemudian akan menciptakan rasa sakit yang membakar di dada bagian bawah. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi semangka. Karena semangka memiliki sifat pendingin yang akan membantu meredakan atau meringankan heartburn sesegera mungkin.

Meredakan Heartburn
source: https://hellosehat.com/

Mendukung Perkembangan Janin

Manfaat terakhir dari buah semangka untuk ibu hamil adalah mendukung perkembangan janin dalam perut. Buah semangka mengandung mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan mineral seperti kalium dan magnesium yang sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan tersebut bermanfaat untuk perkembangan sistem mata, otak, saraf dan sistem skeletal bayi mama yang belum lahir. Tidak hanya itu, kandungan kalium dan kalsium juga akan membantu pembentukan tulang janin.

Mendukung Perkembangan Janin
source: https://doktersehat.com/

Banyak kan Moms ternyata manfaat semangka untuk mendukung kesehatan janin dan Mommies pada masa kehamilan. Sekarang jangan lupa masukkan buah semangka dalam menu sehari-hari Mommies, ya. Moms, bisa mengonsumsi semangka dalam bentuk minuman seperti jus, pudding, atau dimakan langsung. Semuanya sama-sama bisa memberikan manfaat baik untuk Moms dan janin. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.