Sepakati Beberapa Keputusan di Depan Anak-anak

Tidak masalah bagi Mommy dan pasangan untuk berdiskusi dan menunjukkan perbedaan pendapat tentang hal kecil di hadapan anak-anak. Cara ini akan sangat membantu mereka mendengarkan masalah yang kalian hadapi demi menemukan solusi bersama. Tentu ini akan lebih baik dibandingkan berselisih dengan emosi dan suara tinggi. Dengan melakukan ini Mommy mengajarkan anak cara untuk berdiskusi mencari solusi dalam perbedaan.

Tips Menghadapi Perbedaan Pola Asuh Anak dengan Suami
source: https://www.healthline.com/


Agree to Disagree tentang Masalah Kecil

Siapa pun tidak dapat mengendalikan setiap situasi sesuai dengan kehendak, keinginan, dan preferensinya. Jadi belajarlah menerima kenyataan bahwa segala sesuatunya akan berjalan berbeda tergantung pada siapa yang sedang memegang kendali. Mungkin ada masanya anak mendapatkan larangan dari Mommy untuk tidak naik ke atas bukit atau bermain skateboard. Namun, ayahnya akan bertindak lain dan membiarkannya untuk mengambil lebih banyak risiko. Perbedaan ini tidak akan selalu membut anak bingung tentang apa yang sebenarnya harus dia lakukan. Sebaliknya, ia mungkin belajar hal baru tentang kebaikan dari larangan dan perintah.

Tips Menghadapi Perbedaan Pola Asuh Anak dengan Suami
source: http://www.summitmedia-digital.com/
baca juga


Saling Mendukung di Depan Anak-anak

Komunikasikan dengan pasangan untuk menentukan masalah apa saja yang memang tidak bisa dikompromikan, seperti urusan keselamatan dan jam malam. Namun, cobalah untuk lebih fleksibel tentang beberapa topik lain. Untuk membicarakan ini, pastikan Mommy bisa menyusun kata-kata yang lebih baik. Jangan sampai mengeluarkan kritik atau menyalahkan pasangan di depan anak.

Seorang psikoterapis keluarga, Fran Walfish, yang juga merupakan penulis dari The Self-Aware Parent mengatakan bahwa "Anak-anak perlu tahu bahwa orang tua mereka saling mendukung, saling mencintai, dan merupakan tim yang kompak." Sekali pun ada perbedaan, semuanya harus disampaikan dengan baik. Ingat, mencontohkan cara berinteraksi dengan orang lain adalah bagian dari pendidikan anak juga. 

Tips Menghadapi Perbedaan Pola Asuh Anak dengan Suami
source: https://www.newharbinger.com/


Tetap Positif saat Anak Menanyakan Perbedaan

Jika anak-anak bertanya tentang gaya pengasuhan Mommy dan sang ayah yang berbeda, biarkan mereka tahu bahwa Mommy dan ayah bisa saja menyetujui segala hal. Akan tetapi kalian memiliki kecenderungan yang berbeda tentang beberapa kondisi dan situasi. Namun, ingatkan si kecil bahwa seiring dengan ia bertambah besar, ia harus semakin cerdas dalam menentukan mana yang baik dan kurang baik baginya.

Tips Menghadapi Perbedaan Pola Asuh Anak dengan Suami
source: https://newroadstreatment.org/


Itulah beberapa hal yang bisa Mommy lakukan saat menghadapi perbedaan pola asuh dengan pasangan. Ingat, perbedaan tidak selalu membawa keburukan selama Mommy bisa membawanya ke arah yang positif dan membangun.