McDaniel, peneliti dari Illinois State University dan rekannya Jenny Radesky, MD, asisten profesor pediatri di Michigan Medicine, mempelajari 172 pasang orang tua dengan anak-anak balita untuk memahami dampak gadget terhadap parenting. Para peneliti bertanya kepada orang tua tentang tingkat stres mereka, perilaku anak-anak mereka, dan berapa banyak perangkat yang mengganggu interaksi, percakapan atau kegiatan sehari-hari dengan anak-anak mereka.

Tips Mengasuh Anak, Perhatikan Aturan Bermain Gadget Ini, Moms
source: https://www.babble.com/

Studi ini menemukan bahwa saat orang tua mengalihkan diri ke gadget saat stres oleh perilaku anak mereka, si kecil malah akan beraksi lebih jauh. Tujuannya tidak lain adalah untuk membuat orang tua mereka melepaskan perhatian pada gadget dan bermain dengan mereka. Seiring waktu berjalan, anak-anak ini mungkin meningkatkan perilaku buruk mereka untuk mendapatkan perhatian dari orang tua. Itu sebabnya membatasi penggunaan gadget di waktu-waktu keluarga seharusnya dapat mengatasi hal ini. 


Aturan Orangtua Menggunakan Gadget

Tidak realistis jika gadget dan beragam perangkat digital harus disingkirkan dari rumah. Apalagi dengan melarang semua anggota keluarga untuk menggunakan akses gadget itu sendiri. Namun, Mommy dapat mengikuti pedoman bagaimana orangtua disarankan untuk menggunakannya.

Berikut ini adalah aturan yang ditawarkan oleh peneliti untuk mengatasi reaksi buruk dari orangtua yang kecanduan gadget:

Tips Mengasuh Anak, Perhatikan Aturan Bermain Gadget Ini, Moms
source: https://www.foxnews.com/
baca juga


1. Utamakan Interaksi yang Efektif dengan Anak

Saat berinteraksi dengan anak, berikan perhatian dan fokus yang seutuhnya. Selalu lakukan kontak mata dengannya saat bicara atau menjawab pertanyaannya. Kalau pun memang Mommy tidak bisa meninggalkan gadget untuk sebuah urusan yang penting, pastikan untuk memberikan perhatian selama 1-2 detik untuk menunjukkan bahwa Mommy sedang melakukan urusan penting dan Mommy akan ada untuknya setelah ini selesai. Cara ini akan menunjukkan bahwa Mommy masih mengutamakan dirinya dan memberikan perhatian penuh untuknya.

Tips Mengasuh Anak, Perhatikan Aturan Bermain Gadget Ini, Moms
source: https://www.telegraph.co.uk/


2. Tentukan Zona Bebas Gadget

Buatlah kesepakatan antara Mommy, ayah, dan anak, tentang area khusus untuk gadget. Area ini dapat berupa meja kerja atau meja belajar di mana gadget hanya digunakan untuk pekerjaan penting atau belajar. Namun, meja makan dan ruang keluarga adalah area bebas gadget di mana tidak ada seorang pun yang boleh memainkan smartphone atau tabletnya di sana.

Tips Mengasuh Anak, Perhatikan Aturan Bermain Gadget Ini, Moms
source: https://www.videoblocks.com/
baca juga


3. Buat Aturan Waktu Bermain Gadget

Selain menetapkan area khusus untuk bermain gadget, cobalah untuk membuat jadwal khusus untuk berselancar di dunia maya. Apalagi jika hanya untuk menonton video YouTube terbaru. Ingatlah bahwa Mommy seharusnya bisa bersenang-senang dengan si kecil untuk menghabiskan waktu senggang. Sepakati juga waktu-waktu di mana tidak ada anggota keluarga yang boleh mengakses gadget mereka, seperti saat makan malam atau piknik bersama.