Berikan Mainan untuk Mengalihkan

Anak yang terbiasa menghisap jempol akan menjadikan kebiasaan ini sebagai kebutuhannya. Ia tidak akan bisa melepas jempolnya dari mulutnya jika tidak dicegah sejak ini. Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan ini adalah dengan memberikan mainan untuk mengalihkan. Berikan mainan yang memerlukan gerak kedua tangan sehingga anak lupa untuk menghisap jempolnya. 
 

source: http://www.ummi-online.com/



 

baca juga

Biarkan Makanan

Jika anak sudah memasuki usia di atas 6 bulan, kamu dapat memberikan makanan untuk ia makan sendiri dengan tangannya. Misalnya rebusan labu atau buah. Biarkan anak menghisap makanannya dengan tangan sendiri. Cara ini akan mengurangi kebiasaannya menghisap jempol.
 

source: http://www.sigambar.com/



 

Gunakan Sarung Tangan

Jika anakmu belum bisa diajak berkomunikasi, kamu dapat memakaikan sarung tangan sehingga ia kesulitan untuk menghisap jempolnya sendiri. 
 

source: https://www.dhgate.com/



 

baca juga

Komunikasikan dengan Anak

Sebaliknya, jika anak sudah tumbuh cukup besar, kamu dapat mengajarkan ia tentang bahaya menghisap jempol. Misalnya, jelaskan pada anak bahwa tangan adalah bagian tubuh yang paling banyak kuman dan bakteri.

Berikan pengertian bahwa kebiasaan itu dapat membuat ia sakit. Perlahan, anak yang sudah memahaminya akan berusaha untuk berhenti dari kebiasaan menghisap jempol.
 

source: https://beautyhealthtips.in/