Selama masa kehamilan, tentunya banyak terjadi perubahan pada diri wanita, mulai dari perubahan fisik, hormon, hingga perubahan sifat yang terkadang tidak menentu. Tidak hanya itu, wanita juga kerap menjalani masa kehamilan yang kurang sehat, seperti dengan tidak berolahraga dikarenakan berbagai alasan, mulai dari malas bergerak, tidak ingin tambah letih setelah berolahraga, hingga anggapan bahwa olahraga sulit dan dapat membahayakan janin di dalam perut.

Padahal, olahraga yang ringan, seperti yoga selama masa kehamilan, memberikan banyak manfaat baik bagi ibu dan anak, bahkan dapat menjadi solusi terhadap masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil. That’s why we want you to know these 6 benefits that you’ll get while practicing yoga during your pregnancy. Let’s check this out!
 

image source: https://www.verywell.com/prenatal-yoga-the-third-trimester-3566863


 

Meningkatkan Stamina, Kekuatan, Fleksibilitas, dan Keseimbangan

Seiring dengan perkembangan janin yang membuat tubuh membesar,tentunya kamu memerlukan stamina, kekuatan, dan fleksibilitas yang lebih tinggi agar mampu beradaptasi dan mampu beraktivitas dengan berat tubuh yang baru. Dengan gerakan-gerakan yoga, kamu akan mendapatkan ketiga hal tersebut, terutama pada bagian punggung, pinggang, panggul, bahu, dan lengan.

Tidak hanya itu, pada masa kehamilan, kamu akan mengalami masalah keseimbangan, baik dalam hal fisik karena adanya peningkatan massa dan ukuran tubuh, maupun dalam hal psikis karena pengingkatan hormon estrogen dan progesteron. Dengan mempraktikkan teknik pernafasan yoga, Beautynesian dapat menyeimbangkan tubuh baik secara fisik maupun emosional.

baca juga


 

Menjadi Lebih Dekat Dengan Bayimu

Dengan menjalani yoga, baik teknik pernafasa maupun gerakan yoga, kamu akan lebih menyadari dan memfokuskan perhatian pada janin yang berkembang pada tubuhmu. Bahkan, hanya dengan mempraktikkan yoga, kamu telah menyediakan waktu khusus untuk mengenal lebih dekat calon bayi yang berada di perutmu. Selain itu, seiring dengan perkembangan kehamilanmu, tubuhmu yang memberikan respon yang berbeda pada gerakan-gerakan yoga, akan semakin menyadarkanmu terhadap adanya perkembangan fisik pada janin yang kamu kandung. Sehingga dengan menjalani yoga, kamu akan memiliki quality time bersama bayimu untuk semakin memahaminya sebelum ia lahir.



Mengurangi Rasa Sakit atau Pegal Pada Beberapa Bagian Tubuh

Seiring dengan perkembangan janin, kamu akan menemukan sejumlah rasa sakit dan pegal pada beberapa bagian, seperti pada punggung bagian bawah karena peningkatan ukuran perut, pada punggung bagian atas, dada, pundak, dan bahu karena peningkatan ukuran payudara, serta pada bagian pinggul karena adanya peningkan tekanan dari janin di perutmu. Dengan menjalani gerakan yoga yang meregangkan dan mengecangkan ototmu pada area-area tersebut, kamu dapat mengurangi rasa sakit dan pegal tersebut hingga level yang terendah.

baca juga



Persiapan untuk Proses Melahirkan

Dengan menjalani sejumlah gerakan yoga yang membutuhkan teknik pernafasan yang terkadang cukup menyulitkan, kamu telah melatih tubuhmu untuk menjadi nyaman pada kondisi yang kurang mendukung. Tidak hanya itu, ketika kamu secara rutin melatih pernafasan, tekanan darah dan detak jantung kamu akan membantu kamu berada dalam kondisi relaksasi. Hal-hal ini akan sangat membantu kamu ketika tengah mengalami masa kontraksi dan harus mengejan untuk melahirkan bayimu.



Menghilangkan Stress dan Membantu Cepat Tidur

Melalui teknik pernafasan yang ditawarkan yoga, sistem sarafmu akan berada pada mode parasimpatetik yang berfungsi untuk relaksasi. Pada kondisi ini, tubuh kamu dapat menjadi rileks serta menghilangkan stress, sehingga dapat membantu kamu untuk tidur dengan lebih cepat dan nyaman.


 

Mendapatkan Teman-teman Baru yang Memahami Kondisimu

Dengan mendaftar pada kelas yoga khusus ibu hamil, kamu akan bertemu dengan banyak wanita dengan kondisi yang sama sepertimu. Sehingga kamu akan dapat berteman dengan mereka yang memahami kondisimu serta berbagi cerita dan saran baik terkait masalah kehamilan maupun hal lainnya.

Yuk para mommies, mulai ikuti yoga dari sekarang!