1. Melihat keindahan blue fire di Kawah Ijen

Kawah Ijen menjadi salah satu destinasi favorit di Banyuwangi. Kawah Ijen menjadi fenomena yang sangat menarik untuk dilihat. Pemandangan yang sangat luar biasa dari kawah ini berupa api biru atau blue fire.

Di Balik Cerita Mistisnya, Ini 6 Destinasi Wisata Populer di Banyuwangi yang Sangat Indah
source: https://phinemo.com/backpacker-guide-banyuwangi-dalam-1-hari-1-malam/kawah-ijen-jawa-timur-bayuwangi-3/

Kawah ini sendiri berada di atas 2.368 meter DPL. Kawah seluas 20 km yang dikelilingi dinding kaldera setinggi 300-500 meter ini siap membuat siapa pun yang menyaksikannya terperangah kagum. Meskipun kawah ini seolah menarik wisatawan untuk mendekat, namun Moms harus tetap berhati-hati. Suhu kawah mencapai 200 derajat Celcius dengan tingkat keasaman yang mampu meleburkan pakaian dan tubuh manusia.

Kawah Ijen sebenarnya terletak diantara Banyuwangi dan Bondowoso. Api yang terletak di bawah kawah ini berwarna biru dan terlihat semakin cantik saat kondisi sekitarnya gelap. Untuk itu, Moms harus datang pada dini hari agar dapat melihat keindahan api biru
ini.

2. Keindahan alam di pantai teluk hijau atau Green Bay

Destinasi yang tak kalah menawannya di Banyuwangi adalah pantai teluk hijau atau Green Bay. Pantai ini memiliki warna jernih kehijauan. Jika Moms pertama kali ke pantai ini pasti akan takjub melihat keindahan pantai Green bay. Pantai ini masuk dalam Taman Nasional Meru Betiri ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan dikelilingi hutan tropis.

Di Balik Cerita Mistisnya, Ini 6 Destinasi Wisata Populer di Banyuwangi yang Sangat Indah
source: https://www.jejakpiknik.com/green-bay-banyuwangi/

Banyak kegiatan bisa Moms lakukan di sini seperti berenang, snorkeling, bermain pasir dan memancing. Moms juga bisa mengunjungi Air Terjun Bidadari yang terletak di kawasan pantai. Konon, air terjun dengan ketinggian 8 meter ini merupakan tempat mandi para bidadari pada saat-saat tertentu.

baca juga

3. Menikmati keindahan hutan yang masih "perawan" di Alas Purwo

Selanjutnya destinasi populer di Banyuwangi berikutnya adalah Taman Nasional Alas Purwo. Hutan ini dikenal paling alami se-Asia. Menurut mitos penduduk setempat, Alas Purwo merupakan tempat yang cukup angker dan menyimpan sejuta misteri. 

Di Balik Cerita Mistisnya, Ini 6 Destinasi Wisata Populer di Banyuwangi yang Sangat Indah
source: https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g317103-d3279820-i160830702-Alas_Purwo_National_Park-Banyuwangi_East_Java_Java.html

Hamparan hutan tropis tertua di pulau Jawa ini juga menjadi salah satu alasan kenapa Moms harus ke Banyuwangi, khususnya ke sini. Dijamin gak bakal nyesel deh, karena melihat pemandangan hutan yang masih asri sangat sejuk dan memanjakan mata. Tapi, harus tetap berhati-hati dan selalu menjaga adab apabila mengunjungi tempat ini.

4. Mengenal flora dan fauna langka di Cagar Alam Baluran

Satu lagi destinasi wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi adalah Cagar Alam Baluran. Cara alam ini terletak 35 km sebelah utara Banyuwangi. Tempat ini memang dikhususkan sebagai wilayah konservasi berbagai tumbuhan dan hewan.

Di Balik Cerita Mistisnya, Ini 6 Destinasi Wisata Populer di Banyuwangi yang Sangat Indah
source: http://blog.travelio.com/wp-content/uploads/2016/08/Lonely-Tree-Baluran-National-Park-Banyuwangi.jpg

Keunikan tempat ini adalah adanya padang rumput atau sabana yang didalamnya bisa dijumpai berbagai hewan liar. Para wisatawan bisa menikmati keindahan cagar alam ini melalui menara pengawas. Moms bisa melihat keseluruhan wilayah konservasi ini beserta aktivitas binatang yang hidup di sana. Lokasinya sangat indah, bagai padang savana di luar negeri. Tidak cuma liburan, Moms bisa menemukan banyak spot indah untuk berfoto.

baca juga

5. Menikmati keindahan pantai merah yang eksotis

Selain Green Bay, Banyuwangi juga memiliki pantai merah yang menjadi salah satu destinasi favorit bagi keluarga yang ingin menikmati keindahan pantai nan eksotis, pemandangan alam yang cantik, hijaunya alam yang menyejukkan serta pasir pantainya yang putih bersih. Di pantai ini ada sebuah bukit yang tak jauh dari bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Moms bisa berjalan mendekat ke bukit saat air sedang surut. Bukit ini tertutup pohon dan semak hijau dan hanya terlihat sedikit semburat merah saat senja.

Di Balik Cerita Mistisnya, Ini 6 Destinasi Wisata Populer di Banyuwangi yang Sangat Indah
source: https://www.brilio.net/amp/jalan-jalan/45-tempat-wisata-di-banyuwangi-terbaru-2018-181112i.html

Jika Moms sedang ke Banyuwangi, jangan sampai melewatkan pantai ini ya. Lokasinya ada di Kecamatan Pesanggaran ini memiliki sebuah pura Hindu degan nama Pura Tawang Alun. Pura ini kerap digunakan sebagai lokasi ritual pada saat-saat tertentu oleh umat Hindu yang tinggal di sekitar Pantai Pulau Merah. Penginapan juga sudah banyak tersedia di sekitar pantai bagi Moms yang tak cukup menikmati tempat wisata ini dalam waktu sehari.

6. Melihat perkebunan dan pantai yang menyatu di Argowisata Kalibendo

Jika melihat gunung dan pantai beriringan mungkin sudah biasa. Tapi kalau melihat hijaunya perkebunan dan pantai yang indah, mungkin hanya ada di Banyuwangi. Lokasinya di Agrowisata Kalibendo, Banyuwangi bagian barat atau sekitar 20 kilometer dari pusat kota. 

Di Balik Cerita Mistisnya, Ini 6 Destinasi Wisata Populer di Banyuwangi yang Sangat Indah
source: https://m.merdeka.com/amp/peristiwa/menikmati-kawasan-argo-wisata-kalibendo-di-lereng-gunung-ijen.html

Moms bisa menjumpai tanaman-tanaman khas Indonesia, seperti kopi, karet, dan cengkeh. Hijaunya perkebunan dan birunya laut seakan menyatu. Sangat indah dan memanjakan mata.

Nah, sudah memutuskan ingin mengunjungi destinasi wisata mana saja di Banyuwangi ini Moms?