Secara umum, terdapat dua jenis pagi yang dialami oleh sebagian besar orang. Beberapa dari mereka mengalami kondisi terbangun tiba-tiba dari tidur nyenyak saat alarm berbunyi nyaring. Dalam situasi itu, mereka akan mengalami rasa gugup, terkejut, dan grogi saat harus bersiap-siap untuk hari itu. Tanpa sadar, tubuh sebenarnya berharap untuk bisa kembali tidur. Di sisi lain, ada pula pagi di mana seseorang bisa secara alami bangun beberapa menit sebelum alarm berbunyi. Pada pagi hari itu, tubuh memulai hari dengan rasa yang lebih segar di mana ia sudah mendapatkan cukup istirahat.

Bangun Tidur Tepat Waktu Tanpa Alarm, Bagaimana Caranya?
source: https://i.iheart.com/


Ritme Sirkadian Tubuh

Ritme sirkadian adalah proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang berulang. Siklus ini dapat merujuk pada proses biologis yang menampilkan osilasi endogen dan entrainable dalam periode waktu 24 jam. Inilah yang akan membuatmu merasa segar atau mengantuk, tergantung pada waktu. Saat Mommy membiarkan ritme membangunkanmu secara alami, Mommy akan bangun secara otomatis karena tubuhmu memang siap untuk selesai dari tidur. Tentu ini akan lebih baik dibandingkan dengan membiarkan alarm memaksa tubuh untuk bangun sebelum ia siap. Akibatnya, tubuh akan cepat merasa pusing, karena alarm telah mengganggu tahap tidur yang dalam.

Bangun Tidur Tepat Waktu Tanpa Alarm, Bagaimana Caranya?
source: https://www.telegraph.co.uk/
baca juga


Mengatur Ritme Sirkadian

Untuk dapat berhenti menggunakan alarm, Mommy perlu membuat ritme yang konsisten dari hari ke hari. Jika Mommy akan pergi tidur di waktu yang sama setiap malam, buatlah janji pada diri sendiri untuk bangun di pagi hari di jam tertentu. Kondisi ini sebenarnya dapat dilatih. Tetapi ini tidak akan berhasil jika Mommy sedang berada dalam kondisi kelelahan. 

Bangun Tidur Tepat Waktu Tanpa Alarm, Bagaimana Caranya?
source: https://gentlehome.com/


Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Mommy lakukan untuk membantu membentuk ritme sirkadian tubuh:

  1. Pertama, cari tahu berapa banyak waktu tidur yang benar-benar Mommy butuhkan. Kebanyakan orang memerlukan waktu tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam. Kemudian hitung mundur dari waktu di mana Mommy harus bangun untuk mencari tahu kapan waktu yang tepat Mommy harus tidur.
  2. Setelah menentukan waktu yang tepat, mulailah untuk tidur 30 menit lebih awal dari waktu yang seharusnya. Ini bisa membantumu untuk bisa tidur di waktu yang tepat atau lebih cepat.
  3. Lakukan ini secara terus menerus dan disiplin. Untuk memberikan waktu pada tubuh bertransisi dan beradaptasi. Dengan begitu, tubuh akan mampu menyesuaikan dengan jadwal baru dan akan lebih mudah tertidur pada waktunya.
  4. Satu jam sebelum waktu tidur baru, mulailah ritual sebelum tidur untuk bersiap-siap tidur. Redupkan lampu, mematikan elektronik, dan mencoba untuk bersantai dengan mandi air hangat, membaca, relaksasi, atau peregangan. 
Bangun Tidur Tepat Waktu Tanpa Alarm, Bagaimana Caranya?
source: https://exploringyourmind.com/


Itulah beberapa hal yang bisa Mommy lakukan untuk mendapatkan istirahat malam yang cukup dan membentuk ritme sirkadian yang sehat dan teratur. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!