Memahami Demografi Generasi Sandwich

Tahun 2020 Indonesia diprediksi akan mencapai bonus demografi di mana jumlah penduduk berusia produktif meningkat dibandingkan dengan usia muda dan lansia. Jika diamati dari kacamata negara, tentu ini akan memberikan manfaat yang baik untuk perkembangan ekonomi dan pembangunan secara keseluruhan. Namun, saat ditelusuri lebih dalam pada sudut pandang individu, para dewasa muda memiliki beban dan tanggung jawab yang cukup besar dalam hidupnya.

Mengenal Sandwich Generation dan Beberapa Faktor Stress yang Mungkin Dialami
source: https://www.pinterest.com/

Secara sederhana, generasi sandwich ini harus mampu secara finansial membantu orang tua mereka beserta dengan anak-anak. Tidak bisa dipungkiri, anak-anak millennial yang sedang berada di usia 25-35 tahun harus menjalani peran ini. Tentu ini bukan hal yang mudah di mana mereka juga harus mempersiapkan diri untuk bisa mematangkan kondisi keuangan keluarga dan menjamin kebutuhan masa tuanya.

baca juga


Jenis-Jenis Sandwich Generation

Namun, ada banyak kasus yang bebeda untuk sandwich generation itu sendiri. Pada umumnya terdapat tiga jenis yang biasanya dimiliki generasi sandwich dengan peran yang berbeda, antara lain :

  • Generasi Sandwich Tradisional - Orang dewasa yang berusia 40-an atau awal 50-an tahun dengan posisi di antara orang tua mereka yang sudah lanjut usia dan anak-anak mereka yang membutuhkan dukungan keuangan atau lainnya.
  • The Club Sandwich Generation - Orang dewasa yang lebih tua berusia 50 atau 60-an yang terjepit di antara orang tua yang sudah lanjut usia, anak-anak yang lebih dewasa dan cucu. Istilah ini juga dapat merujuk pada orang dewasa yang lebih muda di usia 30-an atau 40-an yang memiliki anak-anak kecil, orang tua, dan kakek-nenek yang sudah lanjut usia.
  • Generasi Sandwich Wajah Terbuka - Siapa pun yang secara profesional terlibat dalam perawatan lansia, yang diperkirakan 25% dari individu pada suatu saat dalam hidup mereka.
Mengenal Sandwich Generation dan Beberapa Faktor Stress yang Mungkin Dialami
source: https://si.wsj.net/

Istilah 'generasi sandwich' menjadi begitu populer di kalangan masyarakat sehingga ditambahkan ke Merriam Webster Dictionary pada tahun 2006. Namun, dalam kamus ini masih belum menyebutkan tekanan keuangan dan emosional berat yang menjadi bagian dari generasi ini.

baca juga


Mengatasi Masalah Sandwich Generation

Pada umumnya, masalah sandwich generation tidak bisa dihentikan begitu saja. Jika Mommy merasa ini adalah kondisi yang berat untuk dijalani, pastikan untuk tidak membuat anak-anakmu kelak berada pada posisi ini. Mommy dapat berusaha menghentikan tekanan dan tuntutan finansial anak-anak kedepannya dengan merancang rencana pensiun semaksimal mungkin.

Mengenal Sandwich Generation dan Beberapa Faktor Stress yang Mungkin Dialami
source: https://www.wealthsecure.com/


Pengaturan uang yang baik dan pemahaman tentang pengelolaan investasi akan sangat membantu generasi selanjutnya tidak merasakan beban ini. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms!