1. Mengoptimalkan Perkembangan Fisik

Pentingnya Merangkak Dalam Tumbuh Kembang Bayi, Ketahui 5 Manfaatnya Moms!
source: https://www.today.com/

Saat bayi mulai merangkak, akan ada banyak kebaikan yang bisa didapatkan untuk tumbuh kembangnya, mulai dari:

  • Melatih keterampilan motorik kasar yang terdiri dari kemampuan melakukan gerakan besar. Biasanya ini menyangkut keahliannya dalam menggerakkan lengan, kaki, atau seluruh tubuhnya. Keterampilan-keterampilan ini penting karena mereka dapat memaksimalkan kondisi fisik yang dia butuhkan saat dia tumbuh untuk berjalan, berlari dan melompat.
  • Melatih keterampilan motorik halus yang melibatkan penguatan otot-otot kecil di tubuh seperti tangan dan jari. Kemampuan ini akan sangat penting untuk melatih indera peraba, menulis dengan pena atau pensil dan beragam aktivitas dengan detail lainnya.
  • Melatih keseimbangan di mana merangkak dapat memaksimalkan kondisi perkembangan fisik yang penting bagi bayi. Hal ini juga penting untuk mengumpulkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk melangkah di fase berikutnya, yaitu fase berjalan.
  • Melatih koordinasi tangan-mata yang diperlukan untuk menggunakan mata dalam mengarahkan perhatian dan tangan untuk melaksanakan tugas. Ini penting untuk memudahkannya saat menulis dan bahkan menendang bola.


2. Pemahaman Spasial

Pentingnya Merangkak Dalam Tumbuh Kembang Bayi, Ketahui 5 Manfaatnya Moms!
source: https://www.babycenter.com/

Merangkak juga memberikan kesempatan bagi bayi untuk memahami konsep spasial. Tahapan ini memberikan anak pemahaman dan orientasi fisik dari dunia dan lingkungan di sekitar mereka di mana bayi akan belajar mengenai hubungan mereka dengan dan posisi di dalamnya. Sebagai contoh, merangkak akan membuat anak cenderung untuk 'melewati' hal-hal daripada 'berkeliling' saat melaluinya.

Ini erat kaitannya dengan latihan dan pengalaman agar bayi dapat dengan segera belajar bagaimana menegosiasikan jalur yang lebih efisien ke tujuan yang mereka inginkan. Pemahaman ini akan sangat penting sepanjang hidup mereka untuk navigasi dan pemecahan masalah.

baca juga


3. Melatih Keterampilan Visual

Pentingnya Merangkak Dalam Tumbuh Kembang Bayi, Ketahui 5 Manfaatnya Moms!
source: http://goodupic.pw/

Keterampilan visual bayi akan berkembang pesat saat mereka sudah dapat memahami bahwa mainan favorit mereka bisa dekat atau jauh. Keterampilan ini disebut penglihatan binokular yang melatih matanya untuk melihat ke kejauhan dan kemudian menggunakan tangannya sambil merangkak atau meraih mainan itu. Ini adalah keterampilan yang membantu kita menangkap bola, mengendarai mobil, dan menyalin sesuatu dari papan tulis.


4. Kemampuan Koordinasi

Pentingnya Merangkak Dalam Tumbuh Kembang Bayi, Ketahui 5 Manfaatnya Moms!
source: https://www.parents.com/

Koordinasi otak kiri dan kanan ditingkatkan dengan merangkak, karena otak diperlukan untuk memproses pendengaran, penglihatan dan pergerakan pada saat bersamaan. Jadi, semakin sering si kecil berlatih merangkak, akan semakin tersinkronisasi dan berkembang setiap keterampilan penting ini. Semua harus bekerja sama agar bayi mampu mencapai mobilitas, lengan kiri dan lutut kanan untuk mencapai satu gerakan ke depan dan lengan kanan dan lutut kiri untuk gerakan maju lainnya.

baca juga


5. Membangun Kepercayaan Diri

Pentingnya Merangkak Dalam Tumbuh Kembang Bayi, Ketahui 5 Manfaatnya Moms!
source: https://www.babybjorn.com/

Merangkak dapat membangun kepercayaan diri dan membuat melatihnya untuk membuat keputusan pertama mereka. Saat merangkak, bayi akan mengambil risiko fisik secara teratur. Dengan setiap keberhasilan dan kegagalan, mereka akan menemukan potensi dan keterbatasan mereka. Sungguh luar biasa menyaksikan bayi menemukan dunia di sekitar mereka pada tahap perkembangan yang menarik ini.