Sebenarnya tidak ada ada aturan baku dan pasti untuk menentukan usia berapa seorang anak siap untuk memiliki smartphone sendiri. Banyak ahli menyarankan untuk menunda pembelian selama yang Mommy bisa. Hal ini penting mengingat penggunaan gadget dapat membuat ketagihan pada anak-anak. Namun, secara umum, para orang tua dapat mempertimbangkan beberapa faktor ketika mereka mengambil keputusan, seperti kedewasaan anak mereka dan kebutuhan keluarga.

Kapan Anak Boleh Memiliki Smartphone Sendiri?
source: https://www.telegraph.co.uk/


Mengapa Anak Menginginkan Smartphone Sendiri?

Biarkan anakmu menjelaskan mengapa ia menginginkan smartphone. Ini akan melatihnya berpikir mengenai apa alasan yang akan membuat orangtuanya memberikan smartphone seperti yang diinginkannya. Jika alasannya adalah karena teman-temannya memilikinya, menjawab "tidak" secara tegas adalah hal yang tepat di mana smartphone masih merupakan keinginan dan ego belaka.

Mommy juga dapat mempertimbangkan kebutuhan Mommy sendiri. Misalnya, jika anakmu sering berjalan sendirian di rumah, fitur pelacakan lokasi smartphone mungkin memberimu ketenangan pikiran. Jadi pertimbangkan kebutuhannya.

Kapan Anak Boleh Memiliki Smartphone Sendiri?
source: https://babyns.com/
baca juga


Apakah Anak Siap Memiliki Smartphone?

Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan, seperti:

  • Seberapa bertanggung jawab si kecil?
  • Bisakah ia diandalkan untuk menjawab saat orangtuanya menelepon, atau menggunakan smartphone pada waktu yang disepakati?
  • Bisakah ia mengikuti aturan etiket dan keselamatan, seperti tidak ada foto selfie sembarangan?
  • Apakah Mommy percaya ia tidak kehilangan atau merusak smartphone-nya?

Pertimbangan ini dapat membantumu menentukan apakah si kecil siap untuk memiliki smartphone sendiri.

Kapan Anak Boleh Memiliki Smartphone Sendiri?
source: http://www.summitmedia-digital.com/


Apa Saja Aturan dan Batasan Penggunaan Smartphone?

Pahami bahwa siap memiliki smartphone sendiri tidak berarti anak akan mampu mengendalikan diri saat benar-benar memilikinya. Buatlah aturan dan batasan dari penggunaan smartphone akan membantumu membuatnya lebih teratur dalam menggunakan gadgetnya. Pastikan Mommy membuat batasan tentang aturan menggunakannya, waktu untuk menggunakannya, dan zona atau area tempat ia boleh menggunakan smartphone-nya saat di rumah.

Kapan Anak Boleh Memiliki Smartphone Sendiri?
source: https://www.summitmedia-digital.com/


Itulah beberapa hal yang harus Mommy perhatikan saat akan memberikan gadget pertama pada si kecil. Ini sangat penting agar anak tidak kecanduan pada gadget yang dimilikinya. Selain itu, anak juga akan mendapatkan kehidupan yang seimbang antara dunia maya dan dunia nyata. Jaga komunikasi dan kedekatan dengan anak dengan memberikan contoh bagaimana cara menggunakan gadget itu sendiri.