Produk Susu

Ini Daftar Makanan yang Bisa Memicu Timbulnya Jerawat
source: https://economictimes.indiatimes.com/

Banyak penelitian telah menemukan hubungan antara asupan produk susu dan tingkat keparahan jerawat pada remaja. Selain itu, ditemukan juga bagaimana orang dewasa muda yang secara rutin mengonsumsi susu atau es krim empat kali lebih mungkin menjadi berjerawat. Susu diketahui meningkatkan kadar insulin yang dapat memperburuk keparahan jerawat. Susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak IGF-1, yang telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat.


Makanan Cepat Saji

Ini Daftar Makanan yang Bisa Memicu Timbulnya Jerawat
source: https://www.jakpost.net/

Jerawat sangat terkait dengan makan makanan gaya Barat yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake, adalah makanan yang dapat meningkatkan risiko jerawat. Satu studi terhadap lebih dari 5.000 remaja dan dewasa muda di China menemukan bahwa diet tinggi lemak dikaitkan dengan peningkatan risiko 43% kemunculan jerawat. 

baca juga


Makanan Kaya Lemak Omega-6

Ini Daftar Makanan yang Bisa Memicu Timbulnya Jerawat
source: https://www.stravacraftcoffee.com/

Makanan yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah besar juga dikaitkan dengan peningkatan tingkat peradangan dan jerawat. Sebut saja bahan makanan seperti jagung dan minyak kedelai, yang kaya akan lemak omega-6, mendorong tubuh ke kondisi peradangan yang dapat memperburuk keparahan jerawat.


Cokelat

Ini Daftar Makanan yang Bisa Memicu Timbulnya Jerawat
source: https://mentalfloss.com/

Beberapa survei informal dilakukan dan menemukan bahwa mengonsumsi cokelat memiliki kaitan dengan peningkatan risiko timbulnya jerawat. Di sisi lain, sebuah studi yang lebih baru menemukan bahwa pria berjerawat yang mengkonsumsi 25 gram cokelat hitam setiap hari memiliki peningkatan jumlah jerawat setelah dua minggu.

baca juga


Bubuk Protein Whey

Ini Daftar Makanan yang Bisa Memicu Timbulnya Jerawat
source: https://www.healthline.com/

Protein whey adalah suplemen makanan yang kaya asam leusin dan glutamin. Asam amino ini membuat sel-sel kulit tumbuh dan membelah lebih cepat. Inilah yang nantinya dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat. Asam amino dalam protein whey juga dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan tingkat insulin yang lebih tinggi. Ini pun telah dikaitkan dengan kasus-kasus perkembangan jerawat.