Tips Aman Menyusui Saat Anak Tumbuh Gigi

Menjumpai perkembangan anak saat tumbuh gigi memang gampang-gampang susah. Hal ini disebabkan karena seringkali anak merasa gatal hingga menggigit apapun yang ada disekitarnya. Begitupun saat sedang menyusu pada mommies. 

Tips Aman Menyusui Saat Anak Tumbuh Gigi

Sudah banyak sekali kejadian yang menjadi akibat dari pertumbuhan gigi bayi. Seperti lecet pada payudara dan sebagainya. Nah moms untuk mencegah beberapa efek samping dari pertumbuhan gigi anak, berikut beberapa tips yang bisa moms lakukan untuk mengatasinya. Agar moms dapat menyusui dengan aman dan nyaman.

Memijat Gusi Anak dengan Lembut

Memberikan pijatan pada gusi bayi yang bengkak dan merah akan memberikan rasa nyaman pada bayi moms. Maka hal tersebut bisa dilakukan sebelum menyusui. Tentunya selain membuat bayi lebih rileks, aktifitas tersebut juga dapat menghindarkan bayi menggigit puting moms. Karena kondisi gusi bayi ketika akan tumbuh gigi akan terasa gatal dan tidak nyaman.

Memijat Gusi Anak dengan Lembut

Adapun cara memijatnya bisa menggunakan jari mommies. Pastikan sebelum memijatnya, kondisi jari dan kulit kamu bersih, langkah selanjutnya balutlah jari telunjuk dengan kassa bersih dan lakukan pijatan secara perlahan pada gusi si kecil. Memastikan tangan bersih ini dilakukan agar bayi tetap terhindar dari kuman yang dapat menimbulkan penyakit. 

baca juga

Memberikan Mainan Untuk Digigit

Menggigit puting saat menyusu pada ibu merupakan reaksi dari si kecil ketika merasa tidak nyaman. Karena ketika tumbuh gigi, bayi merasa sakit dan gatal pada gusinya. Salah satu cara untuk menghentikannya, moms bisa memberikan mainan yang kenyal untuk digigit ketika sebelum dan setelah menyusui. Jika memungkinkan, lebih baik moms mendinginkan mainan tersebut ke dalam kulkas, agar mainan tersebut memiliki sensasi dingin yang dapat membantu menenangkan rasa sakit pada gusinya moms.

Memberikan Mainan Untuk Digigit

Ubah Posisi Saat Menyusui

Mengubah posisi menyusui dapat membantu mencegah puting yang membengkak akibat gigitan si kecil. Posisi menyusui yang salah dapat menimbulkan lebih banyak gigitan. Usahakan untuk memilih posisi menyusui yang nyaman dan memungkinkan moms melakukan kontak mata dengan si kecil. Dengan demikian moms dan si kecil akan menemukan posisi yang nyaman setelah mencoba berbagai posisi. Di sisi lain kontak mata tersebut dapat mendekatkan moms dengan si kecil secara psikologi moms.

Ubah Posisi Saat Menyusui
baca juga

Menyelipkan Jari Saat Menyusui

Menyelipkan jari diantara puting dan jari ketika menyusui si kecil dapat membantu mencegah bayi menggigit puting. Langkah ini dapat dilakukan dengan cara mudah moms. Yakni menyelipkan jari telunjuk dan atau kelingking pada sudut mulut bayi dan diantara gusinya. 

Menyelipkan Jari Saat Menyusui

Jangan lupa untuk memastikan kebersihan jari kamu moms, agar tidak menyebabkan penyakit. Dengan posisi demikian, moms dapat mengalihkan mulut bayi dengan menggeser secara perlahan ketika bayi terlihat akan menggigit puting. Selain itu, moms juga bisa melepaskan puting dari mulut bayi sejenak ketika puting terasa perih. Selamat mencoba moms!