Pentingnya Sentuhan Fisik dalam Tumbuh Kembang Anak

Penelitian membuktikan bahwa kurangnya sentuhan fisik pada tahun-tahun awal kehidupan seorang anak dapat memperlambat pertumbuhannya. Itulah yang menyebabkan banyak peneliti menekankan manfaat besar sentuhan untuk awal kelahiran bayi, khususnya bagi bayi prematur. Pasalnya, bayi yang mendapatkan lebih banyak kontak fisik dengan orangtuanya menunjukkan peningkatan perkembangan mental yang baik dalam enam bulan pertama kehidupan dibandingkan dengan anak-anak yang menerima interaksi fisik yang terbatas.

Manfaat Pelukan dan Belaian Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak
source: https://www.thepragmaticparent.com/

Lebih lanjut, perkembangan kognitif pada anak yang secara intens mendapatkan sentuhan fisik kasih sayang juga meningkat. Bahkan dampak baik itu telah terbukti bertahan setelah delapan tahun pertumbuhannya. Bayi yang menerima tingkat kasih sayang di atas rata-rata dari orangtua mereka terbukti cenderung lebih kecil untuk memiliki sifat yang bermusuhan, gelisah, atau tertekan secara emosional saat dewasa.

Manfaat Pelukan dan Belaian Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak
source: http://www.rolereboot.org/
baca juga

Sebaliknya, kurangnya interaksi fisik dengan orangtua memberikan dampak yang bertolak belakang. Bayi yang dititipkan dalam penitipan anak memiliki kualitas kognitif yang cenderung rendah, terkait dengan keterlambatan kognitif jangka panjang di masa depan. Kurangnya sentuhan fisik juga dikaitkan dengan peningkatan agresi, menunjuk pada dampak emosional dan perilaku kontak selama masa kanak-kanak yang kurang baik.

Manfaat Pelukan dan Belaian Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak
source: https://www.clickprophotographers.com/

Selain manfaat kognitif, kontak fisik antara orangtua dan anak seperti pelukan, belaian, dan kecupan juga dapat membuat anak-anak tahu bahwa mereka aman dan terlindungi serta membangun kepercayaan antara anak dan orang tua. Melalui kontak fisik dengan anak, keterikatan yang kuat antara anak dan orangtua akan tercipta dengan baik. Inilah yang nantinya dapat memberikan fondasi yang stabil untuk hubungan di masa depan.

Manfaat Pelukan dan Belaian Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak
source: https://www.freepik.com/
baca juga

Oksitosin, yang dikenal sebagai hormon "ikatan", dilepaskan selama masa kontak fisik yang dekat seperti menyusui. Interaksi orangtua-anak dapat membantu mengembangkan perkembangan saraf pada area otak yang memproduksi oksitosin. Hal ini tentu sangat baik karena dapat meningkatkan perkembangan sosial-emosional masa depan anak-anak.

Manfaat Pelukan dan Belaian Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak
source: https://www.medela.com/

Jadi, jangan sepelekan lagi sentuhan fisik orangtua dan anak. Tidak hanya ibu, tetapi juga ayah. Dengan begitu, anak dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.