Third-Hand Smoker

Dampak buruk rokok ternyata tidak hanya dirasakan oleh mereka yang aktif merokok dan berada di sekitar perokok. Orang-orang yang terpapar atau berinteraksi dengan perokok pasif juga bisa mendapatkan dampak buruk yang serius. Data pun menyebutkan bahwa perokok pasif menyebabkan sekitar 600.000 kematian prematur setiap tahun di seluruh dunia.

Waspada Bahaya Third-Hand Smoker, Perokok Aktif Wajib Baca!
source: https://vapingdaily.com/

Bahaya third-hand smoke pertama kali terungkap pada tahun 2006. Third-hand smoke (THS) adalah residu tembakau yang menempel di permukaan dan menjadi debu beberapa saat atau selama berbulan-bulan setelah seseorang merokok. Dalam beberapa situasi, THS bahkan dapat bertahan di kain selama satu setengah tahun sejak paparan asap rokok terakhir. Residu ini dapat menyebabkan infeksi batuk, asma, dan saluran pernapasan. Sebuah penelitian yang menyelidiki efek THS jangka pendek menemukan bahwa tikus yang banyak terpapar residu ini lebih besar mengalami risiko pengembangan kanker paru-paru dibandingkan dengan tikus yang tidak terpapar THS.

Paparan residu ini biasanya terjadi melalui kontak kulit. Ketika seseorang menyentuh permukaan yang memiliki residu asap di atasnya, residu itu berakhir di tangan mereka dan menjadi lebih berisiko ketika mereka menyentuh wajah atau mulut mereka. Non-perokok yang tinggal di rumah yang dihuni oleh perokok sebelumnya cenderung akan lebih berisiko. Sebuah penelitian menemukan bahwa THS masih dapat ditemukan dalam debu dari rumah yang bahkan telah lalu tidak ditempati dan telah dibersihkan.

Waspada Bahaya Third-Hand Smoker, Perokok Aktif Wajib Baca!
source: https://www.neha.org/
baca juga


Risiko Kesehatan untuk Anak-anak

Bahaya paparan residu THS sangat rentan mengancam anak-anak. Pasalnya, anak-anak sering merangkak dan bermain di lantai dan perabotan. Mereka juga sering melakukan kontak tangan ke mulut atau meletakkan mulut mereka pada benda-benda rumah tangga. Meski begitu, banyak orangtua tidak menyadari bahaya asap tembakau lingkungan. Tentu dampak jangka panjang menjadi hal yang harus dikhawatirkan oleh anak-anak dengan paparan THS yang tinggi.

Waspada Bahaya Third-Hand Smoker, Perokok Aktif Wajib Baca!
source: https://www.verywellmind.com/


Tindakan Antisipasi Paparan THS

Tentu Mommy akan mempertanyakan bagaimana seharusnya menyikapi kondisi ini. Hal pertama yang harus dilakukan adalah hentikan kebiasaan rokok untuk orangtua yang masih terbiasa dengan rokoknya. Ingatlah bahwa merokok adalah bentuk ketidakpedulian pada diri dan orang-orang tersayang di sekitar. Hindari merokok di dalam mobil dan rumah. Selalu cuci dan bersihkan pakaian yang sudah dikenakan untuk merokok.