1. Beondegi

1. Beondegi

Sekilas seperti cemilan lezat biasa ya, Moms. Ternyata ini adalah larva ulat yang diberi bumbu manis atau pedas yang digoreng atau dikukus lho, Moms. Namanya beondegi. Masyarakat Korea biasanya menyantap ini sebagai cemilan karena biasa dijual dideretan jajanan pinggir jalan. Bahkan beberapa drama Korea pernah memperkenalkan cemilan ini di beberapa adegannya. Meskipun rasanya lezat dan tinggi akan kandungan protein, tak sedikit yang merasa geli dengan cemilan ini. Bagaimana nih Moms, berani coba?

2. Gaebul

2. Gaebul

Gaebul merupakan sejenis cacing sendok yang hidup di laut. Jika berkunjung ke daerah perairan di Korea, makanan ini sangat mudah untuk dijumpai di pasar tradisional. Menariknya, makanan ini disajikan tanpa melalui proses pemasakan sedikit pun. Ya, mentah Moms. Sebelum dihidangkan, isi perut cacing dikeluarkan sehingga hanya tersisa kulit luarnya saja. Biasanya cacing ini disajikan dengan acar dan saus khas Korea atau kecap asin. Karena kesegarannya yang tak diragukan lagi, cacing laut ini memiliki nilai gizi yang tinggi.

Konon, cacing ini sangat baik untuk kesehatan. Teksturnya yang kenyal menghasilkan sensasi tersendiri. Namun, bukannya ingin coba ya, Moms. Melihat sekilas saja membuat tubuh merinding dan sulit untuk menahan geli. Selera makan hancur deh.

baca juga

3. Ganjang Gejang

3. Ganjang Gejang

Selain cacing, kuliner yang disajikan mentah lainnya adalah Ganjang Gejang. Ganjang gejang ini berarti kepiting yang difermentasi dalam larutan garam selama musim dingin. Meskipun rasanya asin dan agak amis, kepiting fermentasi ini bisa membuat ketagihan karena rasanya yang gurih.

Proses fermentasi yang cukup lama membuat daging kepiting menjadi berminyak dan berwarna kuning keemasan. Biasanya kepiting ini disajikan di musim panas dengan semangkuk nasi putih hangat. Kuliner ini juga sangat familiar lho di beberapa drama Korea. Masih mau coba?