Challenge Makan Gurita Hidup Ria Ricis

Makan Gurita Hidup Seperti Ria Ricis, Ketahui Efek Sampingnya Untuk Kesehatan
source: https://www.youtube.com/watch?v=KmxwO3iW1a4&t=269s

Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan konten YouTube yang diunggah Ria Ricis di channelnya. Dalam videonya, Ricis menampilkan pengalamannya saat ia mencoba memakan gurita hidup-hidup. Sayangnya, videonya ini dianggap tidak layak untuk diunggah dan mendapatkan kritik dari warganet. Bahkan, komunitas pecinta hewan, Garda Satwa, secara resmi mengecam aksi Ria Ricis dalam video tersebut. 


Melanggar Aturan Konten Video

Makan Gurita Hidup Seperti Ria Ricis, Ketahui Efek Sampingnya Untuk Kesehatan
source: https://www.instagram.com/gardasatwafoundation/

Dalam kecaman yang diungkapkan oleh Garda Satwa, Ricis dianggap melanggar aturan dari Facebook dan YouTube karena videonya mengandung unsur kekerasan pada hewan yang dimakan hidup-hidup. Dalam unggahannya Garda Satwa juga mengatakan bahwa memakan gurita hidup-hidup adalah bentuk penyiksaan dan kekerasan terhadap hewan. 

baca juga
Makan Gurita Hidup Seperti Ria Ricis, Ketahui Efek Sampingnya Untuk Kesehatan
source: https://www.mnn.com/

Memakan hewan hidup-hidup memang sangat identik dengan penyiksaan. Penelitian tentang rasa sakit yang dirasakan gurita saat dimakan hidup-hidup sudah dilakukan oleh seorang peneliti di Amerika Serikat, Jennifer Mather. Ia mengungkap bahwa tidak ada keraguan bahwa gurita akan merasakan sakit saat dimakan hidup-hidup. Gurita memiliki sistem saraf yang jauh lebih terdistribusi daripada manusia. Bayangkan apa yang dirasakan hewan tersebut saat bagian tubuhnya terkoyak saat masih hidup.


Efek Memakan Gurita Hidup

Lalu, apa sebenarnya dampak dari memakan gurita hidup-hidup? Apakah ada manfaat yang bisa didapatkan? Pada dasarnya, memakan hewan hidup-hidup banyak dilakukan, khususnya untuk hewan-hewan laut seperti gurita, kepiting, udang, dan kerang. Meskipun ini tampak biasa bagi sebagian masyarakat di negara tertentu, memakan hewan mentah dan hidup-hidup berisiko pada infeksi cacing pita ikan Diphyllobothrium latum yang tampak sering muncul pada kasus-kasus di negara di mana orang memakan ikan mentah atau setengah matang, khususnya beberapa negara di Asia.

Makan Gurita Hidup Seperti Ria Ricis, Ketahui Efek Sampingnya Untuk Kesehatan
source: https://www.vice.com/

Setelah kontroversi terjadi, Ricis pun mengunggah klarifikasi dalam akun Instagram pribadinya. Ia mengatakan bahwa gurita yang dimakan sebenarnya sudah mati. Gerakan-gerakan yang tampak dari gurita tersebut terjadi akibat reaksi dari bumbu-bumbu yang dicampurkan. Ia pun sudah mendapatkan konfirmasi bahwa memakan gurita seperti itu halal hukumnya. Semoga apa pun kebenarannya, hal ini menjadi pelajaran bagi Ricis dan warganet untuk bisa lebih kritis dan berhati-hati dalam membuat konten YouTube.