Menurut data, 1 dari 25 anak mengalami hipersenstifif atau alergi susu sapi. Biasanya alergi terjadi setelah anak mengonsumsi susu dalam hitungan menit, jam maupun hari setelah mengonsumsi susu sapi.

Berdasarkan kecepatan munculnya, jenis alergi ini terbagi 2 yaitu tipe cepat, di mana alergi timbul dalam hitungan tak kurang dari 2 jam dan tipe lambat yang biasanya baru terjadi 2 hingga 3 hari kemudian. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui anak mengalami alergi susu sapi? Untuk mengetahuinya, kamu harus mengetahui gejala yang ditimbulkan alergi susu sapi. Biasanya akan terjadi perubahan pada bagian kulit dan saluran napas anak. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini: 
 

source: https://www.thesun.co.uk


 

baca juga

1. Perubahan Kulit

Sebenarnya cukup mudah mengetahui apakah si kecil mengalami alergi susu sapi atau tidak. Apabila kamu memberikannya susu dan dalam beberapa menit kemudian, si kecil mengeluhkan gatal pada kulitnya, maka kemungkinan itu bisa dicurigai sebagai alergi susu sapi.

Namun, untuk mengetahuinya secara pasti, sebaiknya kamu memerhatikan dengan detail perubahan kulit yang terjadi pada si kecil. Selain kulit terasa gatal, tanda alergi susu sapi yang lain adalah terdapat bentol merah dan berisi cairan pada kulit, kulit kering, ataupun menunjukkan kulit ruam seperti gejala dermatitis atopik. 
 

source: http://www.momjunction.com


 

2. Saluran Napas

Selain perubahan pada kulit, alergi susu sapi juga dapat diketahui dengan mengecek sistem pernapas si kecil. Biasanya anak alergi akan mengalami bersin-bersin yang disertai gatal di hidung, hidung tersumbat, ingus encer, batuk berulang dan sesak napas maupun napas berbunyi. 
 

source: http://newparentsanswers.com


Beberapa gejala di atas dapat memberitahumu apabila si kecil alergi susu sapi, tapi kamu tetap harus memeriksakan bayimu ke dokter, untuk mengetahui dengan pasti diagnosanya.

Apabila ternyata benar si kecil alergi terhadap susu sapi, maka segera hentikan pemberian susu terlebih dahulu. Lalu, ganti dengan memberikan susu yang telah diformulasikan untuk khusus anak alergi, ataupun memberinya susu soya.