Apa sih Olahraga Strong by Zumba?

Strong by Zumba merupakan jenis olahraga dengan intensitas tinggi. Sebenarnya, olahraga ini dikembangkan sejak tahun 2016 oleh tim Education and New Programming di Zumba Fitness. Tak seperti namanya, olahraga ini sama sekali tidak memiliki unsur tarian seperti zumba pada umumnya. Ada empat latihan yang digabungkan dalam olahraga ini yaitu latihan beban, pembentukan otot tubuh, kardio dan gerakan plyometric yang selaras dengan musik.

Strong by Zumba ini sangat menguras keringat dan membakar lemak lebih banyak karena memiliki tahapan yang semakin lama semakin tinggi. Karena gabungan dari beragam olahraga, sehingga Strong by Zumba ini memiliki beberapa tahapan. Yuk ketahui lebih lengkapnya!

Tahapan-tahapan Olahraga Strong by Zumba

baca juga

1. Ignite

Tidak berbeda dengan olahraga lainnya, Strong by Zumba memulainya dengan Ignite atau pemanasan. Pada tahapan ini, latihan yang dilakukan berintensitas rendah yang meningkat ke tinggi dan kembali ke rendah. Selain bertujuan untuk memanaskan tubuh sebelum ke gerakan inti, ignite juga berfungsi untuk memompa jantung menjadi lebih aktif sehingga kalori yang terbakar akan semakin banyak.

1. Ignite

2. Fire Up

Memasuki tahapan atau kuadran kedua, intensitas gerakan mulai naik ditandai dengan gerakan memukul dan punch. Tahapan kedua ini sangat menyenangkan dan bisa melepaskan hormon stress sehingga tubuh menjadi lebih bahagia. Semakin Moms aktif maka semakin banyak juga kalori yang terbakar. Jangan lupa nikmati juga musiknya....

2. Fire Up
baca juga

3. Push Your Limits

Intensitas semakin naik pada tahapan ini, Moms akan sangat kelelahan jika belum terbiasa atau baru memulainya. Pasalnya pada tahap push your limits ini, semua gerakan sangat mengandalkan berat badan. Proses pembakaran lebih ekstrim namun menyenangkan. Keuntungan dari olahraga jenis ini adalah dapat merangsang otot baru untuk tumbuh dan membakar lemak hanya pada bagian-bagian yang ingin dibakar.

3. Push Your Limits

4. Floor Play

Tahapan paling akhir yaitu floor play. Setelah melakukan intensitas yang sangat tinggi, pada tahapan ini intensitas gerakan akan diturunkan lagi menjadi rendah. Sesi ini merupakan sesi pendinginan yang akan merengangkan otot-otot. Pendinginan ini sangat penting untuk dilakukan pada setiap jenis olahraga terutama olahraga dengan intensitas tinggi, dengan dilakukannya pendinginan, akan memungkinkan untuk mengurangi rasa pegal setelah berolahraga bahkan dapat mengurangi risiko cedera. Jadi jangan pernah skip pendinginan ya, Moms.

4. Floor Play

Nah itulah olahraga kekinian Strong by Zumba yang menyenangkan dan bisa membakar kalori lebih banyak dibanding olahraga kardio biasa. Tertarik untuk mengikuti kelasnya, Moms?