Penyebab Bayi Demam

Bayi sangat mudah terserang demam dan pilek karena sistem kekebalannya belum siap untuk melawan virus. Virus flu menyebar melalui udara ketika seseorang yang sakit batuk atau bersin. Virus ini juga mendarat di permukaan benda-benda sekitar seperti mainan dan meja. Ketika bayi menyentuh permukaan-permukaan ini dan kemudian meletakkan tangan mereka di mulut, mereka akan memberikan akses virus flu dan demam ini masuk ke dalam tubuhnya.

Pertolongan Pertama Saat Bayi Demam, Kenali Gejala dan Pengobatannya
source: https://www.huffingtonpost.com/

Paparan virus dapat terjadi dimana pun. Namun, bayi sering terkena flu saat berada di penitipan anak sepanjang hari. Selain itu, bayi juga bisa mendapatkan virus tersebut dari kakaknya yang membawa pulang virus dari sekolah. Itulah sebabnya penting untuk benar-benar menjaga kebersihan orang-orang yang berinteraksi dengan si kecil.


Gejala Bayi Demam dan Pilek

Bayi akan mulai menunjukkan tanda-tanda pilek sekitar 1 hingga 3 hari setelah terinfeksi. Gejala demam pada anak kecil dapat meliputi:

  • Hidung tersumbat
  • Hidung beringus, warna lendir berubah dari bening menjadi kuning atau hijau
  • Bersin-bersin
  • Batuk-batuk
  • Rewel
  • Mudah lelah
  • Nafsu makan berkurang
  • Sulit tidur
  • Demam
  • Muntah, diare

Secara umum, bayi yang terinfeksi virus demam atau flu harusnya akan membaik dalam waktu sekitar 7 hingga 10 hari.

Pertolongan Pertama Saat Bayi Demam, Kenali Gejala dan Pengobatannya
source: http://www.todaysparent.com/
baca juga


Pengobatan Bayi Demam dan Pilek

Pilek pada bayi sebenarnya tidak membutuhkan pengobatan atau perawatan khusus. Virus ini biasanya hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Antibiotik tidak akan bekerja karena mereka membunuh bakteri, dan dalam hal ini, virus yang menjadi penyebab sakitnya si kecil.

Pertolongan Pertama Saat Bayi Demam, Kenali Gejala dan Pengobatannya
source: https://www.happiestbaby.com/

Jika Mommy ingin menenangkan gejala-gejala yang membuat si kecil tidak nyaman, pastikan untuk tidak memberikan obat batuk dan pilek yang dijual bebas untuk bayi dan balita. Produk-produk ini tidak bekerja dengan baik pada anak di bawah 6 tahun dan mereka dapat menyebabkan efek samping berbahaya pada anak kecil. 

Untuk menurunkan demam dan membuat si kecil lebih nyaman, Mommy dapat menggunakan asetaminofen atau ibuprofen jika ia berusia di atas 6 bulan. Jangan lupa untuk membaca aturan penggunaan obat anak untuk memastikan bahwa Mommy sudah memberikan dosis yang tepat untuk berat dan usianya.

Pertolongan Pertama Saat Bayi Demam, Kenali Gejala dan Pengobatannya
source: https://www.health.harvard.edu/

Jangan pernah memberi anak obat apa pun yang mengandung aspirin. Obat dengan kandungan aspirin dapat meningkatkan risiko penyakit langka tapi serius yang disebut sindrom Reye.

baca juga


Kapan Harus Menghubungi Dokter

Mommy tidak perlu menghubungi dokter untuk flu atau demam jika bayi Anda berusia di atas 3 bulan. Namun, pada kasus bayi yang lebih kecil, segera lakukan konsultasi ke dokter ketika gejala mulai muncul, khususnya demam. Gejala seperti pilek pada bayi usia di bawah 3 bulan sebenarnya menandakan penyakit yang lebih serius, seperti radang paru-paru atau infeksi telinga.