1. Terlalu Banyak Makan Dibanding Minum

Pentingnya mengawasi anak saat makan adalah agar ia makan dan minum dengan benar. Kebanyakan anak-anak yang tidak diperhatikan saat mereka makan, akan lebih banyak minum ketimbang menghabiskan makanan mereka. Karena terlalu banyak air yang masuk, maka asupan makanan dan air tidak seimbang. 
 

source: http://SheKnows.com



 

2. Buang Air Besar Tidak Teratur

Penyebab perut kembung pada anak biasanya disebabkan susah buang air besar karena kurang mengonsumsi sayur dan buah. Hal tersebut membuat perut anak menjadi keras dan kembung sehingga membuat ia susah makan dan susah BAB. Sebaiknya moms imbangi asupan sayuran, buah dan protein agar buang air si kecil menjadi lancar dan tidak kembung. 
 

source: http://medscape.com



 

baca juga

3. Makan Terlalu Cepat

Beberapa anak ada yang ketika sedang makan ingin cepat-cepat selesai karena tidak tahan ingin segera bermain dengan teman-temannya. Hal ini dapat memperburuk sistem pencernaan karena lambung bekerja lebih ekstra. Makan terburu-buru akan membuat udara mudah masuk dan menjadi penyebab kembung pada anak. 
 

source: http://wellnesstipind.blogspot.co.id



 

4. Makan Sambil Bermain

Memberi makan anak sambil bermain memang salah satu alternatif yang digunakan para ibu agar anak mudah makan. Namun, hal tersebut justru penyebab perut kembung pada anak, karena ketika makan sambil bermain anak tidak mengunyah makanan dengan sempurna. Karena proses mengunyah yang terburu-buru makan udara akan masuk dan menyebabkan perut kembung. 
 

source: http://ilslearningcorner.com