Olahraga saat Hamil

Jika kamu memang sudah aktif secara fisik sebelum hamil, kamu dapat melanjutkan aktivitas olahraga seperti biasa dalam tingkat yang sedang. Jangan bertahan untuk berolahraga di levelmu sebelumnya. Sesuaikan juga kondisi fisik yang tentu tidak bisa melakukan aktivitas yang terlalu berat.

Jangan Kasih Kendor, Ini Aturan dan Rekomendasi Olahraga Selama Masa Kehamilan
source: https://www.rush.edu/

Namun, jika kamu belum pernah berolahraga secara teratur sebelumnya, kamu dapat dengan aman memulai program olahraga selama kehamilan setelah berkonsultasi dengan dokter kandunganmu. Akan tetapi, jangan mencoba aktivitas baru yang berat. Berjalan pagi dan sore dianggap sebagai rekomendasi olahraga paling aman untuk dimulai saat hamil.


Kondisi Ibu Hamil yang Dilarang Olahraga

Jika Mommy memiliki masalah medis, seperti asma, penyakit jantung, atau diabetes, olahraga mungkin tidak akan disarankan. Olahraga juga bisa berbahaya jika kamu memiliki kondisi tertentu terkait kehamilan seperti:

  • Flek atau bercak darah
  • Plasenta previa
  • Keguguran yang berulang
  • Kelahiran prematur sebelumnya atau riwayat persalinan dini
  • Leher rahim yang lemah
Jangan Kasih Kendor, Ini Aturan dan Rekomendasi Olahraga Selama Masa Kehamilan
source: https://www.cbsnews.com/

Pastikan untuk selalu mengkonsultasikan diri dengan penyedia layanan kesehatan sebelum memulai program olahraga. Dokter atau perawatmu akan dapat memberi panduan olahraga sesuai dengan kondisi pribadimu berdasarkan riwayat kesehatan yang ada.

baca juga


Latihan yang Aman Selama Kehamilan

Sebagian besar olahraga aman dilakukan selama kehamilan, selama kamu berolahraga dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Namun, aktivitas paling aman dan paling produktif adalah berenang, jalan cepat, bersepeda statis dalam ruangan, dan aerobik ringan (dengan panduan dari instruktur aerobik bersertifikat). Kegiatan-kegiatan ini cenderung memberikan lebih sedikit risiko cedera dengan beragam manfaat bagi seluruh tubuh selama masa kehamilan hingga sampai kelahiran.

Jangan Kasih Kendor, Ini Aturan dan Rekomendasi Olahraga Selama Masa Kehamilan
source: https://www.medium.com/


Latihan yang Harus Dihindari Selama Kehamilan?

Di samping banyaknya manfaat olahraga bagi ibu hamil, kamu juga perlu waspada pada latihan dan aktivitas tertentu yang bisa berbahaya jika dilakukan selama kehamilan. Diantaranya adalah:

  • Kegiatan yang ada kemungkinan jatuh 
  • Olahraga dengan interaksi tinggi seperti softball, sepak bola, bola basket, dan bola voli
  • Latihan apa pun yang dapat menyebabkan trauma perut
  • Aktivitas yang membutuhkan lompatan atau berlari
  • Olahraga dengan gerakan menekuk lutut dalam, sit-up penuh, angkat kaki ganda, dan sentuhan jari kaki lurus
  • Latihan dengan gerakan memutar pinggang sambil berdiri
Jangan Kasih Kendor, Ini Aturan dan Rekomendasi Olahraga Selama Masa Kehamilan
source: https://www.mirror.co.uk/


Itulah beberapa aturan penting yang harus Mommy tahu seputar olahraga selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms!