Mengajari anak toilet training memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semuanya butuh proses. Nah, biasanya yang membuat para orangtua malas dan jengkel adalah ketika proses mengajari toilet training pada anak. Lalu bagaimana agar Moms sukses mengajarkan toilet training pada anak? Moms harus menyiapkan 3 hal ini.

Yakin dan Percaya

Hari pertama ketika mulai mengajarkan toilet training pada si kecil, Moms harus yakin bahwa Moms dan si kecil bisa bekerja sama dalam mensukseskan toilet training. Moms juga harus yakin, bahwa si kecil bisa diajari dan menurut ketika diajak ke kamar mandi untuk BAK dan BAB. Selain yakin, Moms juga harus menaruh percaya pada si kecil, bahwa si kecil bisa menjani toilet training.

Yakin dan Percaya
source: https://www.blibli.com/
baca juga

Sabar

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, menerapkan toilet training pada anak bukanlah hal yang mudah. Moms butuh kesabaran ekstra untuk menjalaninya. Karena bukan tidak mungkin kalau si kecil yang terbiasa menggunakan diapers akan mengompol di sembarang tempat. Bahkan tidak hanya mengompol, si kecil juga bisa saja BAB di sembarang tempat. Jadi Moms harus bersabar. Singkirkan jauh-jauh rasa jengkel jika si kecil mengompol dan Moms harus berkali-kali mengepel lantai atau mengganti sprei bekas ompol si kecil.

Sabar
source: https://nakita.grid.id/

Niat yang Tinggi

Semua hal yang dilakukan tanpa didasari niat maka tidak akan maksimal hasilnya. Begitu juga dengan toilet training. Ketika mengajarkan toilet training, Moms harus benar-benar niat ingin si kecil menjadi lebih baik dengan terbiasa BAK dan BAB di kamar mandi. Niat yang tinggi dalam mengajarkan toilet training juga bisa Moms lakukan dengan menyingkirkan semua diapers si kecil.. Jadi Moms tidak akan tergoda untuk mengenakan diapers pada si kecil.

Niat yang Tinggi
source: https://thelionwords.wordpress.com/

Selain 3 hal tersebut, Moms juga bisa mulai mengajarkan hal-hal berikut ini pada si kecil.

  • Kenalkan toilet pada balita
  • Berikan contoh menggunakan toilet dengan baik
  • Ajak si kecil 1 jam sekali ke toilet
  • Ajarkan cara membersihkan alat kelamin
  • Konsisten
Nah Moms, itu tadi 3 hal yang harus Moms siapkan sebelum mengajarkan toilet training pada si kecil dan hal-hal yang harus Moms ajarkan pada si kecil. Ingat ya, Moms. Selamat mencoba, Moms.