Setiap wanita pasti ingin memiliki tubuh yang terawat dengan sempurna. Tak hanya merawat area yang terlihat seperti kulit dan rambut, bagian-bagian tersembunyi wanita seperti vagina juga perlu dilakukan perawatan rutin. Vagina kerap mengalami masalah seperti bau tidak sedap. Bau tidak sedap tersebut umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan flora bakteri di dalam vagina. Untuk masalah ini, moms bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami berikut.

7 Cara Mengatasi Bau Tak Sedap Pada Vagina dengan Bahan Alami

Baking Soda

Baking soda memiliki kemampuan untuk memperbaiki ketidakseimbangan PH pada vagina. PH yang tidak seimbang dalam vagina akan mendorong pertumbuhan bakteri jahat sehingga menimbulkan bau tak sedap. Penggunaan baking soda untuk mengatasi bau pada vagina dilakukan dengan cara mencampurkan baking soda secukupnya ke dalam segelas air, lalu gunakan untuk mencuci vagina.

Baking Soda
baca juga

Tea Tree Oil

Selain ampuh untuk atasi jerawat, tea tree oil juga bisa dijadikan bahan untuk atasi bau pada vagina loh moms. Caranya campurkan 6 tetes tea tree oil dengan air, lalu gunakan untuk membasuh vagina. Lakukan cara ini secara rutin selama beberapa hari setiap habis mandi hingga bau pada vagina menghilang.

Tea Tree Oil

Minyak Esensial Lavender

Tak hanya mampu menekan bau vagina lewat aromanya yang wangi, kandungan antimikroba dan anti-inflamasi dalam minyak esensial lavender juga mampu untuk membunuh bakteri dan menghilangkan rasa gatal dalam vagina. Untuk menggunakannya campurkan satu sendok makan witch hazel dengan sepuluh tetes minyak esensial lavender ke dalam segelas air. Basuhkan campuran tersebut pada vagina setiap selesai mandi.

Minyak Esensial Lavender
baca juga

Daun Sirih

Mengandung euganol dan antiseptik yang ampuh membasmi kuman penyebab masalah kewanitaan, daun sirih sudah terkenal manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan aroma vagina. Cara penggunaannya yaitu rebus 3-5 lembar daun sirih pada 350 cc air hingga menjadi setengahnya, lalu setelah air rebusan dingin gunakan untuk membasuh vagina setiap pagi dan sebelum tidur. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 minggu sekali.

Daun Sirih

Cuka Apel

Bermanfaat untuk mengurangi bakteri penyebab infeksi, cuka apel juga merupakan bahan yang ampuh hilangkan bau pada vagina. Cara penggunaannya bisa dengan membilas vagina dengan campuran air hangat dan cuka apel, atau untuk perawatan yang lebih intensif moms bisa merendam area intim dalam bak berisi cuka apel yang telah diencerkan selama sekitar 20 menit.

Cuka Apel

Susu Kunyit

Selain perawatan dari luar, untuk menghilangkan vagina berbau tidak sedap juga bisa dilakukan dengan perawatan dari dalam, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi susu kunyit. Sifat anti mikroba dan anti-inflamasi dalam kunyitlah yang dipercaya ampuh untuk hilangkan bau tak sedap di vagina. Caranya, minum satu gelas susu hangat yang telah dicampur dengan bubuk kunyit sebelum tidur.

Susu Kunyit

Yogurt

Tak hanya susu kunyit, meminum yogurt setiap hari juga ampuh untuk mengurangi masalah bau tak sedap pada vagina. Probiotik dalam yogurt adalah kandungan yang efektif untuk pengobatan vaginosis bakteri atau infeksi pada vagina.

Yogurt