1. Mulai dari Hal-hal Kecil

Ajarkan Kesabaran Pada Anak dengan 5 Langkah Ini, Moms
source: http://www.discipleblog.com/

Kesabaran sebenarnya adalah keterampilan yang harus dilatih dan dibiasakan sejak dini. Anak-anak tidak dilahirkan dengan sifat yang sabar. Namun seiring waktu, mereka akan belajar bahwa kepuasan dapat ditunda. Mungkin ini tidaklah mudah, tetapi beberapa langkah kecil dapat memberikan perubahan besar ke depannya. Mommy dapat melatihnya bersabar saat ia meminta dibukakan camilan kesukaannya dengan menyuruhnya menunggu. Hal-hal kecil ini akan sangat membantu.


2. Gunakan Pengaturan Waktu

Ajarkan Kesabaran Pada Anak dengan 5 Langkah Ini, Moms
source: https://www.beliefnet.com/

Konsep pengukuran waktu adalah hal baru bagi anak-anak, khususnya jika mereka masih sangat kecil. Sulit untuk mengetahui seperti bagaimana 5 menit atau 45 menit akan terasa. Berikan anak-anak contoh-contoh untuk membantu mereka memahami waktu sehingga mereka melihat waktu sebagai sesuatu yang solid untuk mereka tunggu. Mommy bisa memberikan mereka sebuah jam kecil atau jam pasir dan berikan mereka patokan kapan keinginan mereka akan dikabulkan.

baca juga


3. Apresiasi Kesabaran

Ajarkan Kesabaran Pada Anak dengan 5 Langkah Ini, Moms
source: https://www.huffingtonpost.com/

Karena kesabaran adalah keterampilan, Mommy harus terus-menerus memperkuat dan mengapresiasi tiap progres yang dihasilkan anak. Saat anak-anak mampu menunjukkan kesabaran, bahkan untuk waktu yang singkat, beri tahu mereka dengan memuji dan mengapresiasikan kesabaran yang sudah mereka lakukan.

Mommy tidak perlu mengeluarkan  menghadiahi mereka dengan "hadiah" (seperti mainan). Namun, berikan pujian dan kecupan akan membantu mereka menyadari hal-hal baik datang saat mereka mampu menunggu. 


4. Bermain saat Menunggu

Ajarkan Kesabaran Pada Anak dengan 5 Langkah Ini, Moms
source: https://cms-tc.pbskids.org/

Hal yang lebih menyenangkan saat menunggu bagi anak adalah bermain. Jadi, bantulah mereka meringankan stres dan kekesalan atas tuntutan kesabaran dengan membuatnya menyenangkan. Pasang pengatur waktu dan berlomba untuk menyelesaikan suatu permainan seperti bermain rumah susun atau menyusun puzzle. Lihat seberapa banyak yang dapat mereka capai dalam satu periode saat menunggu waktu berlalu.

baca juga


5. Berikan Contoh

Ajarkan Kesabaran Pada Anak dengan 5 Langkah Ini, Moms
source: https://heartofdeborah.com/

Terakhir, jangan lupa jika anak adalah peniru yang ulung. Mereka akan melihat bagaimana orangtuanya bersikap dalam merespon setiap situasi. Jika Mommy memperlihatkan karakter yang tidak sabar dan selalu memaksakan kehendak, dijamin si kecil akan menirunya dengan baik. Jadi, selain mengikuti banyak teori dan langkah-langkah di atas, pastikan Mommy menjadi contoh untuk mempraktikkan kesabaran dengan baik.