Siklus Hidup Kutu Rambut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kutu hidup di rambut manusia sebagai parasit untuk menghisap darah dari kulit kepala. Mereka tidak menyebabkan penyakit serius, hanya saja rasa gatal yang disebabkan oleh kutu biasanya sangat menyebalkan.

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyebaran Kutu Rambut Di Kepala Anak
source: https://sg.theasianparent.com/

Kutu biasanya akan hidup sekitar 28 hari. Mereka berkembang dalam 3 fase: telur (biasa disebut fase nit), nimfa, dan kutu dewasa.

  • Telur atau nit. Nit atau telur kutu menetas dalam waktu 6 hingga 9 hari. Telur biasanya ditemukan dalam jarak 4 sampai 6 mm dari kulit kepala dan tidak dapat bertahan hidup jika jaraknya lebih jauh.
  • Nimfa. Nimfa terlihat seperti kutu dewasa tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Nimfa menjadi dewasa dalam waktu 7 hari setelah menetas.
  • Kutu dewasa. Kutu dewasa dapat bertambah banyak dengan cepat dan bertelur hingga 10 butir sehari. Dan mereka hanya butuh waktu sekitar 12 hingga 14 hari untuk telur yang baru menetas dan mencapai usia dewasa.

Siklus ini dapat terulang setiap 3 minggu jika keberadaan kutu tidak diberantas atau diobati.


Penyebaran Kutu Rambut

Kutu adalah serangga yang merayap. Mereka tidak bisa melompat atau terbang. Cara utama penyebaran kutu adalah dengan interaksi atau kontak dekat antara kepala-ke-kepala dalam waktu lama. Terkadang kutu rambut juga dapat menyebar dengan penggunaan barang-barang seperti sisir, kuas, dan topi bersama

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyebaran Kutu Rambut Di Kepala Anak
source: https://www.rasset.ie/
baca juga


Gejala Rambut Kutuan

Pada dasarnya gejala yang akan dirasakan saat kutu hidup di kulit kepala adalah rasa gatal. Namun, mungkin dibutuhkan waktu sekitar 4 hingga 6 minggu setelah kutu sampai di kulit kepala sebelum rasa gatal itu muncul karena respon sensitif dari kulit kepala terhadap air liur kutu. Sebagian besar rasa gatal terjadi di belakang telinga atau di belakang leher. Rasa gatal yang disebabkan oleh kutu juga dapat bertahan selama berminggu-minggu, bahkan setelah kutu tersebut hilang.

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyebaran Kutu Rambut Di Kepala Anak
source: https://www.mamanatural.com/


Mengatasi Kutu Rambut

Pada dasarnya, ada dua cara paling mendasar yang dapat membantu mengatasi kutu rambut, yaitu penggunaan obat dan pembasmian manual.

  • Obat-obatan: Sampo obat, conditioner, dan lotion dapat menjadi pilihan untuk membasmi kutu. Mommy dapat mencari produk over-the-counter (OTC) di apotek aatau obat resep. Jika Anda membeli OTC, pastikan obat itu aman untuk usia anak-anak. 
  • Membasmi manual: Membasmi kutu dan telur kutu dengan tangan dapat membantu mengatasi masalah kutu jika obat tidak sepenuhnya menghilangkan kutu. Untuk melakukan ini, gunakan sisir bergigi halus pada rambut basah setiap 3-4 hari selama 3 minggu hingga kutu benar-benar tidak lagi terlihat. Membasahi rambut sementara dapat menghentikan kutu bergerak. Mommy juga dapat menggunakan kondisioner untuk membuatnya lebih mudah untuk tertangkap sisir.
Cara Mengatasi dan Mencegah Penyebaran Kutu Rambut Di Kepala Anak
source: https://www.moneycrashers.com/
baca juga


Mencegah Penyebaran Kutu

Ingatkan anak bahwa walaupun memiliki kutu pada rambut dapat memalukan, siapa pun bisa mendapatkannya. Memiliki kutu rambut bukanlah tanda kebiasaan kotor atau jorok. Parasit kecil yang menyebalkan akan tetap menyerang bagaimana pun kondisi kulit kepalamu, baik itu bersih atau kotor.

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyebaran Kutu Rambut Di Kepala Anak
source: https://www.express.co.uk/

Yang terpenting, jagalah sprei dan tempat tidur agar selalu dibersihkan rutin. Hindari kontak kepala langsung seperti menginap bersama dengan berbagi bantal atau penggunaan sisir dan topi dengan anak-anak lain.