Penyebab Gairah Seks Menurun

Perlu diketahui bahwa penyebab menurunnya gairah seks pada pria dan wanita itu berbeda. Kira-kira apa saja Moms penyebabnya?

Penyebab Gairah Seks Menurun Pada Pria

  • Penurunan hormon testosteron, Testosteron adalah hormon penting bagi pria yang diproduksi di testis. Seorang pria dianggap memiliki testosteron rendah, atau T rendah, bila kadar testosteronnya di bawah 300 sampai 350 nanogram per desiliter (ng/dL). Ketika kadar testosteron pria menurun, maka keinginan untuk berhubungan seksual pun juga akan menurun.
  • Pengaruh Obat, Beberapa obat yang digunakan oleh pria khususnya obat penurun tekanan darah bisa menyebabkan penurunan libido. 
  • Kelelahan, rasa lelah setelah seharian bekerja bisa membuat libido jadi rendah. Tubuh juga akan terasa nyeri sehingga rangsangan akan susah diterima.
  • Depresi, Libido bisa menurun karena pria mengalami depresi. Sebaiknya atur jadwal untuk relaksasi atau freshing bersama keluarga.
  • Obesitas, obesitas merupakan salah satu penyebab sulitnya pria mendapatkan ereksi yang maksimal. Karena itu libido menjadi rendah dan level hormon seks tidak stabil.
Penyebab Gairah Seks Menurun
source: https://jurnal.maskoolin.com/
  • Penyakit kronis, Pria dengan kondisi diabetes kronis akan mengalami penurunan libido yang signifikan.
  • Restless Legs Syndrome, Restless legs syndrome (RLS) adalah dorongan tak terkendali untuk menggerakkan kaki. Pria dengan RLS memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan disfungsi ereksi daripada orang yang tidak memiliki RLS. Disfungsi ereksi (DE) terjadi saat pria yang tidak bisa ataupun mempertahankan ereksi.
  • Penuaan, Penurunan kadar testosteron umumnya akan terlihat pada usia 60-65 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan jika penuruan kadar testosteron tersebut bisa terjadi lebih cepat karena pengaruh gaya hidup.

Penyebab Gairah Seks Menurun Pada Wanita

  • Menopause, jika Moms sudah mengalami menopause atau menuju ke arah sana, Moms bisa saja mengalami penurunan libido. Penurunan ini terjadi karena level hormon seks di dalam tubuhnya yang terus menurun.
  • Rasa sakit saat seks, rasa sakit ini muncul karena vagina kering akibat menopause. Selain itu, seks yang dilakukan tanpa pemanasan juga memicu rasa sakit.
Penyebab Gairah Seks Menurun
source: https://www.healthywomen.org/
  • Kondisi medis, penyebab menurunnya gairah seks pada wanita salah satunya karena penyakit diabetes atau kanker. Penurunan ini terjadi karena fungsi organ seks menurun atau karena ada perubahan pada hormon.
  • Terlalu lelah, seperti pria, ketika kelelahan wanita juga mengalami penurunan libido yang cukup signifikan.
  • Pengaruh obat, sama seperti pria, penurun gairah seks pada wanita juga bisa disebabkan karena beberapa obat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi dan saraf bisa menurunkan libido.
baca juga

Cara Mengatasi Turunnya Gairah Seks

Moms tidak perlu khawatir, menurunnya gairah seks dapat diatasi dengan beberapa tips berikut ini, apa saja?

  • Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Cokelat, cokelat terkenal bukan hanya karena rasanya yang lezat tetapi juga karena kemampuannya untuk meningkatkan kepuasan seksual. Cokelat bisa merangsang munculnya feniletilamina dan serotonin dalam tubuh manusia. Dampaknya adalah memberikan efek rasa senang dan afrodisiak (zat kimia yang digunakan untuk merangsang daya seksual).
  • Luangkan Waktu untuk Bermeditasi, karena stres dapat menurunkan gairah seksual, maka Moms bisa meredakan stres dengan bermeditasi atau mengikuti kelas yoga. Setidaknya lakukan kegiatan yang bisa membuat Moms tenang dan bisa mengurangi stres.
Cara Mengatasi Turunnya Gairah Seks
source: https://seruni.id/
  • Bercinta di lokasi yang berbeda, gairah seks menurun bisa disebabkan karena tempat bercinta yang itu-itu saja. Moms bisa mencoba bercinta di lokasi yang berbeda dan baru yang akan membuat suasana lebih fresh
  • Cukup Tidur, rasa lelah dan kekurangan jam tidur dapat menyebabkan menurunnya gairah seks. Jadi perbaiki kualitas tidur. Imbangi dengan konsumsi makanan yang kaya protein dan rendah karbohidrat, maka Moms bisa merasa lebih bergairah saat dekat dengan pasangan.
Nah Moms, itu tadi penyebab dan cara mengatasi gairah seks yang menurun. Pastikan Moms dan pasangan saling mengetahui kondisi masing-masing, ya. Hal ini bertujuan agar tidak ada yang merasa dikecewakan dengan urusan seks. Terbuka dengan pasangan dan mengatasinya bersama-sama jauh lebih baik. Selamat mencoba, Moms.