Posisi Tubuh Harus Nyaman dan Rileks

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan untuk menyusui bayi yang benar adalah pastikan posisimu nyaman dan pikiran rileks. Kalau kamu merasa nyaman dan rileks, maka ASI yang dihasilkan juga lancar. Ada beberapa posisi menyusui yang bisa kamu coba, seperti duduk bersandar pada kursi dan berbaring miring di atas tempat tidur. Pilihlah yang sesuai denganmu dan tentu saja tidak membuatmu mudah lelah.
 

source: http://static.mevacon.com.vn


 

Mulut Bayi Menempel dengan Benar di Payudara

Salah satu kunci keberhasilan memberikan ASI langsung dari payudara adalah posisi mulut bayi harus menempel dengan benar di payudara atau latch on. Posisikan hidung bayi persis di depan puting. Ketika ia membuka mulut, segera masukkan puting ke dalam mulutnya. Untuk mendapatkan latch on yang benar, jauhkan bibir bawah bayi dengan areola atau lingkaran gelap pada puting. Kepala bayi akan terdorong ke belakang dan dagunya mulai bergerak. Saat bibirnya menyentuh payudara, bayi akan merespon dengan menurunkan rahang bawah dan menyedot payudara ke ujung mulutnya.
 

source: https://static.kidspot.com.au

 
baca juga

Latch On yang Sempurna

Kamu perlu tahu kalau posisi pelekatan atau latch on terbaik adalah posisi asimetris. Pada posisi ini, mulut bayi tidak hanya menempel pada puting saja, tetapi juga pada area bawah puting dan selebar mungkin. Salah satu tanda latch on sudah tepat adalah kalau kamu tidak merasakan nyeri atau sakit pada payudara dan bayi dapat menelan ASI. Jika latch on belum benar, segera perbaiki dengan memasukkan jari kelingking ke arah gusi dan puting. Kemudian coba lagi latch on yang benar.
 

source: http://i.huffpost.com


 

Kenali Tanda Bayi Kenyang Menyusu

Kamu tidak perlu khawatir tentang lamanya bayi menyusui. Kalau sudah kenyang, maka bayi akan melepas hisapannya dari payudara. Beberapa tanda yang bisa kamu lihat secara jelas kalau bayi sudah kenyang menyusu adalah bayimu menjadi tidak rewel, teridur pulas, dan tidak terjaga meski kamu menarik payudara dari mulutnya, bersendawa, mengeluarkan sedikit ASI dari mulutnya atau gumoh, dan terlihat senang.
 

source: https://www.addictionhope.com


 

baca juga

Jangan Lupa Selalu Sediakan Perlengkapan Menyusui

Sebelum menyusui, kamu harus menyediakan beberapa perlengkapan khusus untuk membantumu nyaman menyusui baik di rumah maupun di luar rumah. Adapun perlengkapan yang kamu butuhkan di antaranya apron untuk menutupi bagian payudara saat menyusui di luar ruangan, breastpad yang bermanfaat menyerap tetesan ASI, bra menyusui, bantal menyusui dan breast gel pad untuk mengompres payudara yang bengkak. Good luck, ladies!

source: https://ae01.alicdn.com