1. Teh Madu dan Lemon

Saat anak masuk angin kondisi suhu tubuh akan menurun sehingga ia 
akan merasa kembung dan mual. Untuk mengatasinya mom bisa memberikan ramuan teh manis hangat yang dicampur dengan sedikit madu dan lemon.

Diketahui madu banyak mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh dan kandungan asam pada lemon dapat mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Moms dapat memberikan ramuan ini pada sore atau malam hari sebelum tidur agar perut si kecil terasa lebih hangat. Selain itu selimuti tubuhnya dengan kain tebal yang dapat membuat ia hangat. 
 

source: https://www.greenteasource.com



 

2. Air Daun Jambu Biji dan Madu

Salah satu tanda anak masuk angin biasanya akan mengalami diare dan BAB menjadi lebih sering. Hal ini akan mengakibatkan anak kekurangan cairan dan menjadi tak bertenaga.

Nah, untuk mengurangi rasa sakit perut akibat masuk angin, moms dapat membuat ramuan daun jambu biji yang dicampur denga madu. Caranya mudah, potong-potong lima lembar daun jambu biji kemudian rebus dengan satu gelas air putih hingga mendidik.

Setelah mendidih tuang ke dalam gelas dan campurkan dengan dua sendok makan madu murni. Jika ramuan sudah hangat-hangat kuku berikan pada si kecil hingga ia bersendawa atau kentut. 
 

source: http://www.magwuzz.com



 

baca juga

3. Air Temulawak dan Gula Jawa

Hilangnya nafsu makan karena rasa kembung dan mual akibat masuk angin pasti dirasakan setiap anak. Untuk mengembalikan nafsu makannya, moms dapat membuat minuman yang terbuat dari temulawak dan gula jawa.

Caranya cukup mudah moms, siapkan temulawak seukuran jari telunjuk, air putih 1 1/2 gelas dan gula jawa sebanyak 30 gram. Langkah pertama iris tipis-tipis temu lawak, kemudian rebus bersama air dan gula jawa.

Selanjutnya aduk-aduk hingga ramuan mendidih setelah itu saring dan tuang ke dalam wadah gelas. Jika suhunya sudah hangat, moms bisa memberikannya pada si kecil 2-3 kali sehari agar nafsu makannya kembali pulih. 
 

source: https://kabartani.com



 

4. Air Jahe dan Serai

Di cuaca yang tidak menentu seperti tiba-tiba panas kemudian hujan dapat dengan mudah membuat anak masuk angin. Kalau sudah begini pasti mom menjadi khawatir karena si kecil tidak nafsu makan dan mual-mual.

Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan memberikan ia minuman hangat yang terbuat dari jahe. Caranya mudah kok moms, siapkan jahe seukuran jempol dan 2 buah daun serai yang masih segar.

Selanjutnya rebus semua bahan dengan air putih sebanyak 2 gelas dan tunggu hingga mendidih. Setelah matang moms dapat menambahkan 3 sendok madu agar lebih nikmat diminum oleh si kecil. 
 

source: http://food.ndtv.com