1. Cenderung Menghindari Masalah 

Rumah tangga yang tidak sehat biasanya akan ditandai dengan keengganan untuk membahas atau mendiskusikan masalah. Ini bukan karena kalian sudah saling menerima atau memahami perbedaan, tetapi karena kalian sudah tidak peduli satu sama lain. Yang lebih parah, sebagian pasangan menghindari membahas masalah karena tidak mau ada kemarahan dan emosi yang meledak-ledak dari pasangannya.


2. Intensitas Hubungan Seks Berkurang

Saat hubungan suami istri sudah tidak lagi harmonis, tidak akan ada lagi hasrat untuk bersama. Jangan heran jika intensitas hubungan seks akan jauh berkurang atau bahkan hilang dan berhenti sama sekali. Kondisi seperti ini bisa dikatakan kalian sudah menganggap satu sama lain sebagai orang lain.  

Duh, Ini 5 Tanda Bahwa Rumah Tanggamu Sudah Tidak Sehat
source: https://i.smalljoys.me/
baca juga


3. Selalu Berusaha Menahan Diri dari Interaksi 

Menahan diri untuk menghindari konflik memang terkesan baik. Tetapi orang-orang dengan hubungan rumah tangga yang tidak sehat cenderung harus bisa tahan terhadap perilaku agresif dan keras dari pasangannya. Ini bisa disebabkan oleh satu titik klimaks di mana salah satu pasangan melakukan kekerasan fisik dan hubungan pun menjadi menjauh tanpa ada interaksi yang sehat lagi. 


4. Menyembunyikan Rahasia dari Pasangan

Sebagai pasangan suami istri seharusnya kalian selalu terbuka dan saling mengetahui  menyimpan rahasia. Tapi, pada pasangan dengan hubungan yang tidak lagi sehat akan ada rahasia yang mulai muncul. Hal ini bisa terkait dengan masalah keuangan atau bahkan masalah perselingkuhan. Tentu jika dibiarkan rahasia-rahasia ini dapat membawa masalah yang lebih besar dan fatal nantinya.

Duh, Ini 5 Tanda Bahwa Rumah Tanggamu Sudah Tidak Sehat
source: https://www.crosswalk.com/
baca juga


5. Tidak Ada Kecemburuan

Tidak terhenti sampai di situ, rumah tangga yang sudah tidak sehat juga ditandai dengan hilangnya rasa cemburu antar pasangan. Mereka bahkan sudah tidak peduli apabila pasangannya menjalani hubungan lain di belakang mereka. Jika ini sudah terjadi, mungkin perlu dipertanyakan kembai apakah kalian berdua masih saling mencintai dan ingin mempertahankan hubungan? 

Duh, Ini 5 Tanda Bahwa Rumah Tanggamu Sudah Tidak Sehat
source: http://www.wifeandphrases.com/

Jika ini terjadi padamu, pastikan untuk melakukan konsultasi lebih mendalam dengan konsultan keluarga. Ajaklah komunikasi pasangan jika masih bisa diajak berbicara. Pertimbangkan keputusan terbaik untuk kalian berdua dan anak-anak, apabila sudah memilikinya.