1. Perkembangan Kognitif Anak

Pentingnya Peran Ayah, Ini 4 Manfaatnya Untuk Tumbuh Kembang Bayi
source: https://www.extension.harvard.edu/

Banyak penelitian telah mengkonfirmasi bahwa keterlibatan ayah dalam perawatan dan pengasuhan anak memiliki efek kuat pada perkembangan kognitif anak. Hal ini mulai menjadi jelas saat bayi berusia 5 bulan. Mereka akan mendapat skor lebih tinggi pada ukuran perkembangan kognitif jika mereka memiliki ayah yang sangat terlibat dalam pengasuhannya. Dalam hal ini sang ayah cenderung banyak berpartisipasi dalam lebih banyak kegiatan bermain dan perawatan.


2. Perkembangan Emosi dan Sosial

Pentingnya Peran Ayah, Ini 4 Manfaatnya Untuk Tumbuh Kembang Bayi
source: https://youaremom.com/

Banyak penelitian yang telah menemukan bahwa anak-anak dengan peran ayah yang terlibat dalam pengasuhannya cenderung lebih baik dalam mentoleransi stres dan frustrasi. Selain itu, mereka juga baik dalam pemecahan masalah dan memiliki kontrol yang lebih baik atas emosi dan impuls mereka.

baca juga


3. Membangun Hubungan Ayah-Ibu

Pentingnya Peran Ayah, Ini 4 Manfaatnya Untuk Tumbuh Kembang Bayi
source: https://boba.com/

Mungkin sudah jelas bahwa ayah yang berperan aktif dalam membesarkan anak-anak akan meringankan beban sang istri. Namun penelitian yang ditemukan ternyala lebih dari itu dan sangat mengesankan. Wanita yang secara emosional didukung oleh suami mereka akan merasa lebih baik, memiliki kehamilan yang lebih sehat, menjalani persalinan dengan lebih lancar, melalui pengalaman menyusui penuh dukungan, dan cenderung memiliki risiko depresi yang lebih kecil.

Bahkan, perasaan baik itu berlanjut ketika bayi tumbuh menjadi anak-anak. Saat ayah sangat terlibat, mendorong, dan mendukung pengasuhan anak, ibu akan cenderung menjadi lebih positif, sensitif, dan responsif terhadap anak-anak mereka. Ini akan membangun relasi yang kuat yang baik dalam keluarga.


4. Membentuk Karakter Anak Lebih Kuat

Pentingnya Peran Ayah, Ini 4 Manfaatnya Untuk Tumbuh Kembang Bayi
source: https://youaremom.com/

Ayah cenderung lebih baik dalam banyak aspek saat mereka benar-benar mau terlibat dengan pengasuhan dan perawatan anak-anak. Anak yang tumbuh dengan peran ayah yang besar cenderung memiliki karakter yang kuat dengan lebih percaya diri yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang ayahya kurang tidak terlibat.