Speech Delay pada Anak

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, speech delay sebenarnya memiliki banyak faktor penyebab. Beberapa penyebab seperti gangguan pendengaran cenderung sulit untuk diantisipasi sejak awal. Jika kemampuan bicara anak tertunda karena gangguan pendengaran, alat bantu dengar atau implan koklea dapat membantu si kecil untuk mendengar ucapan dan mulai untuk berbicara. Setelah si kecil memiliki akses ke suara (dan ucapan), ia mungkin dapat dengan lebih mudah mengembangkan bahasa dan bahkan mengejar kemampuan teman-teman mereka.

5 Langkah Mencegah Speech Delay Pada Anak, Antisipasi Penyebabnya Juga, Moms
source: https://www.webmd.com/

Namun, ada pula anak-anak yang cenderung pemalu atau kekurangan waktu untuk berbicara sehingga ia kesulitan melatih kemampuannya ini. Jika si kecil mampu mendengar dan mengerti bahasa, Mommy dapat mendorongnya dengan berbicara sebanyak mungkin pada mereka. Jelaskan apa yang sedang Mommy lakukan, mulai dari mencuci piring hingga menyiram tanaman atau saat menyajikan makan siang mereka.

Teruslah berbicara hingga si kecil mulai mengeluarkan kata-kata. Saat itu, pastikan untuk mengkonfirmasi ucapan mereka. Jangan berhenti di situ, berikan umpan balik agar terjadi komunikasi.

5 Langkah Mencegah Speech Delay Pada Anak, Antisipasi Penyebabnya Juga, Moms
source: https://www.kidspot.com.au/
baca juga


Cara Mencegah Speech Delay

Jika si kecil masih belum memberikan tanda-tanda berbicara, ada beberapa hal yang dapat Mommy lakukan untuk membuatnya mulai menggunakan kata-kata untuk berkomunikasi, diantaranya:

  • Teruslah bicara pada anak.
  • Ajak bicara anak dengan bahasa orang dewasa dan tatap matanya dengan ekspresi yang menarik.
  • Bernyanyilah untuk si kecil.
  • Bacakan cerita dengan buku bergambar dan tulisan-tulisan sederhana.
  • Ajak anak ke tempat bermain umum dan biarkan ia berinteraksi dengan teman sebayanya.
5 Langkah Mencegah Speech Delay Pada Anak, Antisipasi Penyebabnya Juga, Moms
source: https://www.verywellfamily.com/

Itulah beberapa hal penting seputar pencegahan speech delay yang bisa Mommy lakukan untuk si kecil. Meskipun begitu, Mommy juga harus tahu bahwa tiap anak diciptakan dengan kelebihan yang berbeda. Beberapa mungkin sedikit terlambat untuk bicara tetapi sangat cepat untuk berjalan dan berlari. Apa pun kelebihan anakmu, berikan apresiasi dan fokuslah untuk selalu memberikan pengasuhan terbaik untuknya.