Cara Kerja Pil KB

Pil KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang sering digunakan untuk mencegah kehamilan. Kandungan pil KB tersebut adalah hormon estrogen dan progresteron. Hormon tersebut bekerja  untuk menghambat hormon alami tubuh yang bertujuan untuk mencegah kehamilan. 

Cara Kerja Pil KB

Pil KB yang bertujuan untuk mencegah kehamilan, bekerja dengan cara mencegah tubuh untuk melakukan ovulasi. Selain itu, alat kontrasepsi hormonal ini juga dapat mengentalkan lendir pada leher rahim sehingga membuat sperma sulit bergerak untuk menemui sel telur. Maka proses kehamilan tidak akan terjadi.

Tidak Konsultasi Ke Dokter Saat Memutuskan Untuk Minum Pil KB

Seringkali moms merasa tahu betul akan apa yang dilakukan sehingga enggan untuk bertanya pada ahlinya. Ternyata hal ini kurang baik dilakukan jika kamu ingin memulai program KB dengan pil moms. Konsultasi ke dokter berguna untuk mengetahui kondisi tubuhmu, apakah baik untuk digunakan atau tidak dengan melihat riwayat kesehatan moms. Adapun jika kamu memiliki riwayat penggumpalan darah, maka menggunakan pil KB tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan resiko tersebut. So, jangan enggan untuk konsultasi pada dokter ya moms!

baca juga

Lupa Minum Pil KB

Penyebab kegagalan program KB salah satunya adalah akibat lupa meminum pil KB pada jamnya. Perlu diketahui moms, jika kamu mengonsumsi pil pada malam hari maka keesokannya moms juga harus minum pil KB pada jam yang sama. Jika lupa, maka ketika itu moms harus segera mengonsumsinya. 

 

Lupa Minum Pil KB

Karena jika hal tersebut sering terjadi maka kemungkinan penundaan hamil akan gagal. Dan resiko kehamilan akan terjadi lebih besar moms. Jadi jangan sepelekan jam konsumsi obat kamu ya moms, agar program KB kamu berhasil. 

Minum Pil KB Tidak Pada Jam yang Sama

Tidak hanya lupa minum, kesalahan yang terjadi biasanya adalah lupa minum obat pada jam yang sama. Jika moms memilih pil KB yang hanya mengandung progrestin, maka moms harus mengonsumsinya pada jam yang sama setiap harinya. Dan apabila terlewat, kemungkinan kehamilan akan sangat besar. 

Minum Pil KB Tidak Pada Jam yang Sama

Berbeda dengan pil KB yang memiliki kandungan estrogen dan progrestin. Moms bisa mengonsumsi pil tersebut tanpa jam tertentu. Asalkan setiap hari ya moms.

baca juga

Minum Pil KB Bersamaan dengan Pengobatan Lain

Beberapa pengobatan dapat mengurangi kinerja pil KB dalam tubuhmu moms. Hal itu kemudian dapat menyebabkan terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Adapun obat-obatan yang dapat mempengaruhi adalah obat minum untuk infeksi jamur, antibiotik seperti rifampin, obat untuk HIV, dan suplemen herbal tertentu. Dengan demikian, ketika kamu mengonsumsi pil KB, hindari mengonsumsi obat-obat tersebut ya moms.

Minum Pil KB Bersamaan dengan Pengobatan Lain

Setelah mengetahui kesalahan saat mengonsumsi pil KB, mulailah memperhatikannya ya moms. Agar tujuan yang kamu harapkan tercapai.