1. Enamel Gigi Bayi Cukup Keras tapi Rapuh

4 Fakta Penting Tentang Gigi Bayi, Rawat Sejak Dini Ya, Moms
source: https://www.parents.com/

Enamel gigi adalah zat terkeras dalam tubuh manusia. Sayangnya, zat ini sangat lemah terhadap serangan gula, asam, dan zat-zat kuat lainnya. Itu sebabnya sangat penting bagi Mommy untuk dapat membantu menjaga enamel gigi anak agar tetap kuat dengan memberi mereka lebih banyak air. Selain itu, jangan lupa untuk membantu mereka membersihkan gigi dari bakteri dan asam yang berbahaya. Batasi juga gula dan minuman manis dalam makanan untuk membantu istirahat enamel mereka. Pastikan untuk menyikat dua kali sehari dengan durasi minimal 2 menit.


2. Pertumbuhan Gigi Bayi Membantu Pengaturan Gigitan yang Sehat

4 Fakta Penting Tentang Gigi Bayi, Rawat Sejak Dini Ya, Moms
source: https://www.parents.com/

Gigi bayi memainkan peran penting dalam mengembangkan gigitan seseorang baik itu saat remaja dan dewasa yang sehat dan selaras. Dalam hal ini, pertumbuhan gigi seri akan melatih anak untuk memotong makanan yang lebih lembut. Seiring bertambahnya pertumbuhan gigi, ia akan belajar bagaimana cara mengoyak makanan dengan gigi taring atau mengunyah dengan geraham.

baca juga


3. Gigi Bayi Perlu Nutrisi yang Tepat

4 Fakta Penting Tentang Gigi Bayi, Rawat Sejak Dini Ya, Moms
source: http://www.agoramedia.com/

Pola makan yang tepat dapat membantu anak mempertahankan gigi dan senyum yang sehat. Saat berbelanja untuk keperluan makan si kecil, cobalah untuk menambahkan lebih banyak buah dan sayuran yang kaya akan nutrisi dan serat. Makanan berserat tinggi dapat membantu merawat gigi dan menjaganya dari sisa makanan.

Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan asupan gula yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang. Selain itu, kombinasi makanan dengan lebih banyak magnesium dan kalsium ke dalam diet anak dapat memperkuat enamel gigi dan membantu mencegah gigi berlubang.


4. Gigi Bayi yang Tanggal

4 Fakta Penting Tentang Gigi Bayi, Rawat Sejak Dini Ya, Moms
source: https://www.kinsights.com/

Biasanya, kehilangan gigi secara alami dimulai sekitar usia 6 tahun dan berakhir pada sekitar usia 12 tahun. Jika anakmu kehilangan gigi sebelum itu, jadwalkan kunjungan dengan dokter gigi anak untuk mengambil tindakan yang sesuai untuk kesehatan gigi mereka.