Tinggal Bersama Mertua

Setiap pasangan pasti mendambakan rumah tangga yang mandiri dan tidak lagi bergantung pada orangtua. Namun, beberapa kondisi seperti masalah finansial yang belum stabil hingga orangtua yang tinggal seorang diri menjadi pertimbangan untuk hidup bersama dengan orangtua. Tidak bisa dipungkiri, ini bisa menjadi sebuah kebaikan dan masalah dalam waktu yang bersamaan. Apalagi untuk hubungan antara menantu dan mertua yang cenderung tidak pernah ada akhirnya.

Suka Duka Membesarkan Anak di Rumah Mertua, Benar Tidak Ya?
source: https://www.dontpayfull.com/


Suka Duka Membesarkan Anak di Rumah Mertua

Beragam masalah dalam hubungan keluarga memang sangat wajar terjadi. Bahkan, masalah juga dapat menjadi salah satu bagian dari penyatu dan penguat hubungan dalam rumah tangga jika dapat ditangani dengan benar. Nah, berikut ini adalah suka duka membesarkan anak di rumah mertua yang paling banyak dialami oleh para ibu muda. Benar, enggak ya?

Suka Duka Membesarkan Anak di Rumah Mertua, Benar Tidak Ya?
source: https://cdn.kinsights.com/c
baca juga

1. Mendapatkan Bantuan Mengurus Anak

Bagi hampir semua ibu muda, mengurus anak pada periode awal kelahirannya merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Itulah sebabnya, peran orangtua dalam mendampingi dan membantu akan sangat meringankan beban dan kesulitan mereka dalam mengurus anak. Dalam hal ini, para ibu mertua sangat bisa diandalkan untuk membantu menjaga si kecil saat Mommy sedang ingin mandi atau makan.

2. Segan Saat Meminta Tolong

Akan tetapi, kebaikan itu ternyata tidak semudah itu didapatkan oleh semua ibu muda. Pasalnya, ada dari mereka yang malah kesulitan saat ingin meminta tolong melakukan sesuatu. Sebut saja saat Mommy sedang menyusui dan ingin meminta bantuan mengambilkan satu barang yang jauh. Ini mungkin akan bekerja lebih baik jika yang membantu Mommy adalah ibu kandung. Rasa segan dan tidak enak cukup mendominasi hubungan dengan mertua.

baca juga

3. Bisa Menjadi Tempat Konsultasi Masalah Anak

Mertua adalah orangtua yang dapat kita tanyakan pendapatnya tentang masalah anak itu sendiri. Sebut saja saat anak sakit atau mengalami kondisi tertentu yang kerap membuat para ibu baru khawatir dan panik. Di sinilah peran besar orangtua untuk bisa mengarahkan dan memberikan saran padamu.

4. Cenderung Mengatur Berlebihan

Sayangnya, kebaikan tersebut tampaknya sangat sulit untuk diterima jika mertua terlalu berlebihan dalam mengatur dan memberikan komentar atas caramu mengasuh si kecil. Apalagi jika Mommy merupakan tipe orangtua yang cenderung lebih banyak mencari informasi tambahan seputar pengasuhan anak dari buku dan internet. Tentu pro kontra anak menjadi makanan sehari-hari.

Suka Duka Membesarkan Anak di Rumah Mertua, Benar Tidak Ya?
source: https://www.everydayfamily.com/


Itulah beberapa suka duka yang dapat Mommy hadapi saat membesarkan anak bersama dengan mertua. Ingat, ini semua bukan hal yang pasti, melainkan pengalaman dari sebagiaan besar ibu. Kalau pun Mommy sedang menjalani hal ini, pastikan komunikasi dengan pasangan dan mertua dilakukan dengan baik sehingga dapat meminimalisir konflik yang mungkin terjadi.