Kandungan Lemak

Minyak zaitun mengandung beberapa macam lemak jenuh, dalam bentuk omega-3 dan omega-6s dengan jumlah yang minimal. Namun, yang menjadi primadona adalah kandungan asam lemaknya yang merupakan lemak tak jenuh tunggal, yang sebagian besar berada dalam bentuk asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal ini memiliki kaitan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan penurunan kolesterol LDL (atau kolesterol jahat). Dengan kata lain penelitian menunjukkan minyak zaitun bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Minyak Zaitun VS Minyak Kelapa, Mana yang Lebih Sehat?
source: https://www.stylecraze.com/

Minyak kelapa, di sisi lain, memiliki kandungan lemak jenuh dalam bentuk molekul yang disebut rantai-trigliserida menengah (MCT). Lemak jenuh sebelumnya dianggap jahat karena meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi penelitian terbaru telah mengubah pendapat itu. Kini lemak jenuh dalam minyak kelapa terbukti mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan trigliserida sehingga mencegah penyakit jantung.


Kadar Antioksidan

Minyak zaitun memiliki reputasi baik terkait kandungan antioksidan karena suatu alasan. Pasalnya, minyak ini lengkap dengan senyawa fenolik bioavailable yang dapat memberikan efek kesehatan positif beragam seperti mengurangi kerusakan oksidatif pada DNA dan menurunkan gejala inflamasi.

Minyak Zaitun VS Minyak Kelapa, Mana yang Lebih Sehat?
source: https://www.eatthis.com/

Di sisi lain, minyak kelapa kerap dikaitkan dengan beberapa aktivitas antioksidan, di mana minyak ini mengandung beberapa senyawa anti-bakteri yang berperan dalam mencegah jerawat, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

baca juga


Kualitas dan Harga

Minyak zaitun memiliki harga yang jauh lebih murah daripada minyak kelapa. Ini mungkin yang sering menggoda banyak ibu rumah tangga untuk memilih harga termurah. Namun, pastikan bahwa produk yang Mommy beli memang merupakan minyak zaitun dengan kualitas yang baik dan bukan campuran atau apa pun.

Selain itu, pahami juga bahwa minyak zaitun memiliki titik asap yang lebih rendah, Mommy tidak boleh menggunakannya untuk memasak pada suhu yang sangat tinggi karena akan rusak dan menjadikannya zat yang karsinogenik. Itulah sebabnya minyak zaitun lebih dianjurkan untuk memasak makanan yang cenderung "dingin" dan minyak kelapa untuk makanan "panas".

Minyak Zaitun VS Minyak Kelapa, Mana yang Lebih Sehat?
source: http://www.anytimefitness.com/


Nah, itulah beberapa hal terkait perbedaan minyak zaitun dan minyak kelapa. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms!