1. Buah yang Kaya Nutrisi

Buah naga adalah salah satu buah rendah kalori yang dikemas dengan kandungan banyak vitamin dan mineral penting. Selain itu, buah ini juga mengandung sejumlah besar asupan serat makanan yang penting untuk tubuh. Berikut adalah ringkasan nutrisi utama dalam satu porsi buah naga (227 gram):

  • Kalori: 136
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Besi: 8% (RDI)
  • Magnesium: 18% (RDI)
  • Vitamin C: 9% (RDI)
  • Vitamin E: 4% (RDI)

Selain nutrisi penting, buah naga juga memberikan asupan senyawa tanaman bermanfaat seperti polifenol, karoten, dan betacyanin untuk tubuh.

5 Alasan Mengapa Buah Naga Sangat Baik Untuk Kesehatan
source: https://draxe.com/


2. Dapat Membantu Memerangi Penyakit Kronis

5 Alasan Mengapa Buah Naga Sangat Baik Untuk Kesehatan
source: https://www.agoramedia.com/

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit. Salah satu cara untuk mengatasi paparan radikal bebas adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pola makan tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan radang sendi.

baca juga


3. Kaya akan Serat

5 Alasan Mengapa Buah Naga Sangat Baik Untuk Kesehatan
source: https://sunkissedkitchen.com/

Serat makanan adalah karbohidrat nondigestible yang baik untuk tubuh dan bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Para ahli kesehatan merekomendasikan asupan minimal 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Selain serat sangat terkenal karena perannya dalam pencernaan, penelitian juga menunjukkan bahwa serat dapat berperan dalam melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, mencegah diabetes tipe 2 dan menjaga berat badan yang ideal.


4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

5 Alasan Mengapa Buah Naga Sangat Baik Untuk Kesehatan
source: https://nutritionstripped.com/

Pencernaan adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, dan termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Banyak peneliti percaya komunitas mikroorganisme ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Baik penelitian pada manusia maupun hewan telah mengaitkan ketidakseimbangan bakteri dan mikroorganisme baik dalam usus dengan kondisi tertentu seperti asma dan penyakit jantung.

Nah, mengingat buah naga mengandung prebiotik, ia berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam pencernaan. Prebiotik adalah jenis serat spesifik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.

baca juga


5. Meningkatkan Kadar Zat Besi

5 Alasan Mengapa Buah Naga Sangat Baik Untuk Kesehatan
source: https://www.bloomingyourlifestyle.com/

Buah naga adalah salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi. Dalam hal ini zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selaini tu, zat besi juga memainkan peran penting dalam memecah makanan menjadi energi. Sayangnya, banyak orang tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup.

Bahkan, telah diperkirakan bahwa 30% dari populasi dunia kekurangan zat besi. Nah, buah naga dapat menjadi pilihan terbaik untuk sumber zat besi, karena satu porsi mengandung setidaknya 8% dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI).