1. Seated Twist

1. Seated Twist

Sebelum melakukan peregangan, ada baiknya untuk mengolah nafas terlebih dahulu dengan cara menarik nafas dalam-dalam dari hidung kemudian mengeluarkan secara perlahan dari mulut. Lakukan hingga badan terasa nyaman dan rileks.

Gerakan pertama yaitu seated twist, posisikan tubuh untuk duduk bersila. Cari posisi duduk bersila paling nyaman. Ambil nafas, kemudian palingkan tubuh ke arah kanan terlebih dahulu sedangkan tangan kiri menahan di depan. Atur pernafasan selama stretching dilakukan. Hitung hingga 22 detik, kemudian ganti ke arah sebaliknya dengan waktu yang sama. Kembali ke posisi awal dan sakit punggung bagian bawah akan berangsur reda.

2. Cobra

2. Cobra

Gerakan ke dua yaitu Cobra. Seperti namanya, gerakan cobra ini terinspirasi dari posisi ular cobra di alam liar. Pertama-tama, posisikan tubuh tengkurap. Kemudian, angkat tubuh bagian atas dengan menumpu kedua tangan. Dengan mengatur nafas, rasakan bagian-bagian otot punggung yang meregang dan rasa sakit berangsur-angsur membaik. Lakukan selama 45 detik untuk hasil yang maksimal. Moms bisa menoleh ke kanan dan ke kiri secara perlahan untuk menambah kelenturan tubuh.

baca juga

3. Lying Twist

3. Lying Twist

Gerakan terakhir yaitu lying twist. Gerakan ini selain bisa meredakan sakit punggung bagian bawah, dapat juga untuk merileksasi kaki dan bahu sekaligus. Caranya posisi kan tubuh tidur terlentang. Lipat kaki kanan ke arah kiri sedangkan kaki kiri tetap lurus. Rentangkan kedua tangan agar lebih rileks. Tahan posisi tersebut selama 22 detik dan tidak lupa untuk mengatur nafas. Lakukan pada arah sebaliknya dengan durasi yang sama.

Nah itulah beberapa gerakan strecthing yang sederhana untuk redakan sakit punggung bagian bawah. Latihan ini dapat dilakukan setiap pagi untuk menjaga fleksibilitas tubuh dan membuat tubuh lebih nyaman. Semoga bermanfaat!