1. Berkedip dengan Kuat

1. Berkedip dengan Kuat

Gerakan senam mata pertama ini sangat baik untuk mengusir mata lelah dan mengurangi mata kering akibat berada di ruangan AC. Caranya sangat mudah, Moms hanya perlu berkedip dengan kuat dan menutup mata selama 3 detik kemudian buka mata. Ulangi terus selama 30-45 detik. Bagi Moms pengguna kacamata dan softlens, sangat dianjurkan untuk dilepas terlebih dahulu. Meskipun terlihat sangat mudah, gerakan ini akan membuat otot-otot mata yang kaku merasa pegal di awal namun akan berangsur membaik saat otot-otot sudah fleksibel.

2. Menggerakkan Bola Mata

2. Menggerakkan Bola Mata

Mata lelah dapat terjadi karena otot mata tidak fleksibel atau kaku. Hal ini bisa terjadi jika Moms terlalu lama berada di depan komputer atau gadget lainnya. Ada dua cara untuk melakukan senam ini, Moms bisa melakukan dengan mata terbuka atau mata tertutup. Jika Moms pengguna kacamata atau softlens, sebaiknya dilepas terlebih dahulu.

Gerakannya sederhana, cukup gerakkan bola mata ke kanan lalu ke kiri, ke atas lalu ke bawah. Ulangi terus selama 30-45 detik. Otot-otot mata akan terasa pegal di awal namun akan berangsur membaik setelah otot-otot mata kembali fleksibel.

baca juga

3. Sauna Telapak Tangan

3. Sauna Telapak Tangan

Selain dua gerakan di atas, Moms juga bisa melakukan sauna telapak tangan. Namun pastikan tangan dalam keadaan bersih ya, Moms. Caranya, tempelkan kedua tangan lalu gosok-gosok hingga menghasilkan panas. Setelah itu tempelkan pada mata yang tertutup sembari dipijat-pijat ringan. Ulangi hingga mata terasa membaik dan mata lelah hilang.

Rasa hangat yang timbul dari telapak tangan akan merileksasi otot-otot sekitar mata sehingga sangat efektif untuk mengusir mata lelah. Sebaiknya kacamata dan softlens dilepas saat melakukan senam mata ini, agar hasil lebih terasa.

Mudah dan tidak menyita waktu kan, Moms? Selain Moms dan Dads, mengajarkan senam mata pada si kecil juga sama pentingnya. Semoga bermanfaat, Moms!