1. Indra Penciuman Lebih Sensitif

Apakah kamu pernah mencium aroma badan suami yang sangat mengganggu sepulang dari kantor? Hmm, mungkin aroma badannya sama seperti biasanya, tetapi indra penciumanmulah yang lebih sensitif. Nah, menurut sebuah penelitian, hidung wanita akan lebih sensitif ketika memasuki masa-masa subur. Bahkan, beberapa wanita malah akan sangat tertarik kepada pria akibat bau feromon yang dihasilkannya. Pernah mengalaminya, Moms?
 

source: http://www.cosmopolitan.fr


 

baca juga

2. Cairan Serviks Lebih Bening

Tanda lain yang bisa menunjukkan kamu sedang mengalami masa subur adalah cairan pada vagina lebih bening dan lengket daripada biasanya. Hmm, mungkin lebih seperti putih telur. Cairan ini berbeda dengan keputihan lho, Moms. Jadi jangan menganggap kalau kamu mengalami keputihan yang tidak normal. Kabar baiknya, cairan ini bisa menjadi indikator kalau kamu sedang dalam puncak-puncak masa subur. So, buat yang ingin hamil, waktunya untuk lebih intim dengan pasangan di waktu-waktu itu. 
 
source: https://au.be.yahoo.com


 

3. Kamu Merasa dan Terlihat Seksi

Di masa-masa subur, hormon estrogen dalam tubuh akan lebih meningkat. Oleh karenanya, di waktu-waktu ini kamu akan merasakan bibirmu berubah jadi lebih penuh, pupil mata melebar, dan kulit terasa lembut. Nah, di saat yang sama kamu merasa lebih seksi dan menggoda lebih daripada biasanya. Mungkin si suami yang melihatmu akan merasakan hal yang sama. 
Selain itu, kamu juga akan merasakan gairah seksmu lebih besar daripada biasanya. 
 

source: http://wisetoast.com


 

baca juga

4. Air Liur Berubah

Ternyata air liur juga erat kaitannya dengan masa-masa subur lho. Nah, saat kamu memasuki masa-masa ini, akan terjadi perubahan pada air liur yang dikenal dengan istilah saliva ferning. Sayangnya, perubahan air liur ini enggak kasat mata sehingga harus dilihat dengan mikroskop. Pada mikroskop akan terlihat air liur sepeti bentuk sayur pakis dengan ukuran kecil. Fyi, saliva ferning ini terjadi karena kadar hormon luteinizing (LH) dalam tubuh meningkat.
 

source: http://www.salesfamilydental.com


 

5. Nyeri pada Payudara

Sebenarnya nyeri pada payudara bukan hanya tanda kamu memasuki masa subur. Tapi, kalau nyeri terjadi beberapa hari setelah menstruasi, maka kemungkinan kamu sedang akan memasuki masa-masa subur. 

source: http://www.naturopathtoronto.ca


So, menghitung masa subur enggak hanya efektif lewat kalender saja, tapi dengan memerhatikan tanda-tanda yang terjadi pada tubuh!